Rabu, 16 Agustus 2023 21:30

Yeni Rahman Sebut Peran Komite Sekolah Penting untuk Tingkatkan Mutu Pendidikan

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Yeni Rahman (baju biru), anggota DPRD Makassar dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) saat menghadiri rapat koordinasi Komite SD dan SMP se-Kecamatan Biringkanaya pada Rabu 16 Agustus 2023.
Yeni Rahman (baju biru), anggota DPRD Makassar dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) saat menghadiri rapat koordinasi Komite SD dan SMP se-Kecamatan Biringkanaya pada Rabu 16 Agustus 2023.

"Jadi banyak fungsi dan peran orang tua. Jika hubungan orang tua murid dan pihak sekolah bagus pasti tidak akan ada lagi pemukulan murid atau orang tua pidanakan guru,"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Komite SD dan SMP se-Kecamatan Biringkanaya melakukan rapat koordinasi pada Rabu 16 Agustus 2023.

Kegiatan Dewan Pendidikan Kota Makassar (DPKM) menyapa tersebut diharapkan memberi pemahaman tugas dan fungsi komite dan kepala sekolah.

"Kita sering koordinasi dengan komite sekolah di kecamatan untuk memberitahukan komite peran dan fungsi mereka. Jadi mereka bukan hanya stempel tapi betul-betul mengetahui posisinya dimana dan bagaimana Kepala Sekolah libatkan komite dalam meningkatkan mutu pendidikan siswa," kata Yeni Rahman, pengurus DPKM Kota Makassar yang juga hadir dalam kegiatan tersebut.

Baca Juga : Gratis, Andi Seto Asapa Luncurkan MOBIL LORONG Melayani 24 Jam

Dikatakan, orang tua memiliki peran penting untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu. Sinergitas orang tua siswa dan pihak sekolah disebut sangat dibutuhkan.

"Jadi banyak fungsi dan peran orang tua. Jika hubungan orang tua murid dan pihak sekolah bagus pasti tidak akan ada lagi pemukulan murid atau orang tua pidanakan guru," tambah Anggota DPRD Makassar itu.

Peran komite kata Yeni sangat penting, bahkan perannya hampir sama dengan Dewan Pendidikan.

Baca Juga : 7 Bakal Calon Wali Kota Makassar Dengan Elektabilitas Paling Tinggi

"Sebenarnya kalo berfungsi, komite lebih tinggi dari paguyuban. Paguyuban sebenarnya hanya sekelompok orang tua yang membuat kelompok untuk melihat perkembangan anak dan masukan," sebut politisi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Olehnya itu, dalam rapat koordinasi yang telah dilaksanakan seperti di Kecamatan Mariso, Mamajang ataupun Kecamatan Tamalate pihaknya terus mendorong komite dan sekolah untuk betul-betul memahami tugas dan fungsi masing-masing.

"Kami menampung aspirasi dan berupaya untuk saling bersinergi meningkatkan mutu pendidikan. Melalui pertemuan atau koordinasi masing-masing akan mengetahui tugasnya," bebernya.

#dprd makassar #Yeni Rahman