Senin, 14 Agustus 2023 13:05

RSUD Andi Makkasau Parepare Ingatkan Masyarakat Waspada Ancaman Penyakit Musim Pancaroba

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau, Renny Anggraeny Sari.
Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau, Renny Anggraeny Sari.

RSUD Andi Makkasau Parepare mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada terhadap ancaman penyakit musim pancaroba, seperti demam berdarah dan infeksi saluran pernapasan. Direktur RSUD Andi Makkasau Parepare, Renny Anggraeny Sari, menekankan pentingnya menjaga pola hidup sehat, konsumsi buah-buahan, sayuran, dan makanan bernutrisi tinggi, serta menjaga stabilitas mental.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Musim pancaroba sering kali menjadi peluang bagi berbagai penyakit mewabah untuk menyerang tubuh manusia. Demam berdarah, Infeksi Saluran Pernapasan Akut (Ispa), influenza, dan beragam penyakit lainnya kerap mengintai di tengah perubahan musim.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau, Renny Anggraeny Sari, memberikan imbauan penting kepada masyarakat agar tetap waspada menghadapi dampak perubahan cuaca ini.

"Kita imbau masyarakat agar tetap waspada pada masa perubahan musim seperti ini. Segala macam virus penyakit bisa saja menyerang tubuh kita. Meski penyakit mudah menyerang, bukan berarti tidak dapat dihindari. Kita bisa melakukan antisipasi dengan menjaga pola hidup sehat sehingga imun tubuh kuat," kata Renny di Kota Parepare, Senin (14/8/2023).

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali Didaulat Narsum di Subuh Berkah

Selain mengajak untuk menjaga pola hidup sehat dengan rajin berolahraga, Renny juga memberikan saran penting terkait pola makan. Ia menekankan agar masyarakat meningkatkan konsumsi buah-buahan, sayuran, dan makanan bernutrisi tinggi.

"Jenis makanan seperti sayur dan buah mengandung antioksidan tinggi yang dibutuhkan untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Tubuh kita juga membutuhkan asupan protein daging yang cukup. Minum air putih minimal delapan gelas per hari untuk membantu membuang toksin dari dalam tubuh," jelasnya.

Renny juga menyarankan menjaga stabilitas mental guna menghindari stres berkepanjangan. "Stres berkepanjangan dapat membuat sistem kekebalan tubuh melemah sehingga muda terserang penyakit. Kendalikan pikiran dengan cara produktif," tambahnya.

Baca Juga : Pangkas Pemasaran Produk Pertanian, Pemkot Parepare Launching Pasar Tani

Pada musim pancaroba, tubuh manusia dihadapkan pada perubahan cuaca yang fluktuatif. Individu dengan sistem imun yang lemah akan lebih rentan terhadap serangan penyakit.

Penulis : Hasrul Nawir
#RSUD Andi Makkasau #Renny Anggraeny Sari #Pemkot Parepare