Minggu, 13 Agustus 2023 12:06

HUT RI ke-78, Taufan Pawe Bangkitkan Jiwa Nasionalisme Dan Patriotisme

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
HUT RI ke-78, Taufan Pawe Bangkitkan Jiwa Nasionalisme Dan Patriotisme

"Malam ini adalah merupakan kebahagiaan kita sebagai anak bangsa, kebahagiaan kita sebagai jiwa yang mempunyai Proklamasi, Nasionalisme dan Patriotisme yaitu dalam rangka perayaan hari ulang tahun Republik Indonesia,"

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-78, Kota Parepare semarakkan Dirgahayu dengan membentangkan Bendera merah putih sepanjang 78 meter di ruas jalan Alun - Alun Kota Parepare pada Sabtu, (12/8/2023).

Kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal 12 sampai 15 Agustus 2023. Peringatan HUT RI itu bertemakan "Terus Melaju Untuk Indonesia Maju", dimeriahkan dengan lomba gerak jalan dan drumband yang dibawakan oleh tingkat pelajar SD, SMP, dan SMA. Dan selanjutnya hari esok, lomba tarik tambang, lomba lari kelereng, dan lomba lari karung.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe (TP) menyaksikan Bendera merah putih yang dibentangkan sepanjang 78 meter. Bagi TP, hal itu manjadi sorotan terbaru pada peringatan hari kemerdekaan Indonesia ke-78 di Kota Parepare.

Baca Juga : Pemkot Parepare Sukses Raih Juara Satu Penghargaan Pembangunan Daerah

"Pertama kalinya di Kota Parepare Bendera merah putih terbentang sepanjang 78 meter, ini adalah wujud dari kebersamaan TNI, POLRI dan Pemerintah Kota Parepare dalam nuansa HUT RI ke-78 Tahun ini luar biasa. Terima kasih jajaran TNI dan POLRI, merdeka merdeka merdeka dan kami bangga," ungkapnya saat memberi apresiasi kepada TNI dan POLRI.

Selama hampir 10 Tahun menjabat sebagai Wali Kota Parepare, Taufan Pawe sering melaksanakan kegiatan peringatan perayaan HUT RI di siang hari setiap tahunnya, dan kali ini peringatan HUT RI ke-78 diselenggarakan pada malam hari.

TP menyebutkan juga bahwa HUT RI ke-78 terkandung makna bahwa Pemerintahan di Kota Parepare terus bergerak, berinovasi dan pada akhirnya membuktikan Kota Parepare adalah Kota yang terang - benderang.

Baca Juga : Perjuangkan Honorer, Akbar Ali Usulkan Honorer jadi PPPK

"Tidak ada alasan untuk tidak melaksanakan peringatan HUT RI ke-78, dilaksanakan pada malam hari karena kami berkeyakinan, eksistensi dan keberadaan TNI/POLRI menjaga masyarakat, sehingga malam hari tidak ada rasa takut, rasa cemas karena sesungguhnya Kota Parepare ini adalah Kota aman," sebutnya.

Wali Kota Parepare 2 periode itu juga menjabarkan bahwa terselenggaranya peringatan HUT RI ke-78 di Kota Parepare adalah bentuk dari semangat jiwa Proklamasi, Nasionalisme, dan Patriotisme serta yang tidak kalah penting adalah semangat kebersamaan jajaran Forkopimda di Kota Parepare.

"Malam ini adalah merupakan kebahagiaan kita sebagai anak bangsa, kebahagiaan kita sebagai jiwa yang mempunyai Proklamasi, Nasionalisme dan Patriotisme yaitu dalam rangka perayaan hari ulang tahun Republik Indonesia," tuturnya.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali Lantik 2 Pejabat Eselon II

TP juga mengisyaratkan untuk selalu menjunjung tinggi dan menghargai jasa - jasa para Pahlawan, karena sesungguhnya jasa - jasa Pahlawan merupakan perjuangan yang mengantar Republik Indonesia hidup di alam kemerdekaan.

Penulis : Hasrul Nawir
#taufan pawe #Pemkot Parepare