Minggu, 13 Agustus 2023 11:40

Direktur Poltekpar Makassar Buka Pelatihan ESQ

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Direktur Poltekpar Makassar, Drs. Muhammad Arifin saat membuka pelatihan ESQ di Aula  Balairung I wayan Bendhi Poltekpar Makassar, selasa(8/8)
Direktur Poltekpar Makassar, Drs. Muhammad Arifin saat membuka pelatihan ESQ di Aula Balairung I wayan Bendhi Poltekpar Makassar, selasa(8/8)

program ESQ diharapkan dapat menjadi bekal bagi para mahasiswa baru dalam membangun dan mengembangkan kompetensi dirinya menjadi SDM yang unggul dan professional

RAKYATKU.COM, MAKASSAR--Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar melaksanakan pelatihan

Emotional Spiritual Quotient (ESQ) bagi Mahasiswa Baru tahun akademik 2023/2024 pada selasa-rabu (8-9/08/2023) di Balairung I Wayan Bendhi, Kampus Poltekpar Makassar.

Kegiatan Pelatihan ESQ dibuka oleh Direktur Poltekpar Makassar Drs. Muhammad Arifin, M.Pd., CHE. Didampingi oleh Wakil Direktur 3 Bidang Kemahasiswaan, Ibu Dra. Margaretha Wadid Rante, M.Si., CHE, dan Kasubbag. Kemahasiswaan yaitu Muh. Arief, S.ST., Par., M.Pd.

Baca Juga : Bekali Siswa Cara Mengelolah Media Sosial, Poltekpar Makassar Bersama Kemenparekraf RI Gelar Birkom Day

Saat membuka pelatihan ESQ Direktur Poltekpar Makassar, Bapak Drs. Muhammad Arifin, M.Pd., CHE menyampaikan bahwa program ESQ diharapkan dapat menjadi bekal bagi para mahasiswa baru dalam membangun dan mengembangkan kompetensi dirinya menjadi SDM yang unggul dan professional.

“Keberhasilan bukan karena kepintaran dan kecerdasan namun perilaku. Oleh karena itu, melalui training ini bagian yang tak terpisahkan dengan membentuk perilaku sesuai dengan harapan dan tuntutan” jelas Muhammad Arifin.

Selama dua hari pelaksanaan, peserta diberikan beberapa materi pelatihan yang dibawakan oleh narasumber dari lembaga ESQ Leadership Center. Pada hari pertama meraka di berikan materi terkait Why Character Is Important, Finding Grand Why (Memahami Makna dan Tujuan Belajar), Unlock The Inner Power (Menggali Kekuatan Dalam Diri), Break The Mental Block (Membebaskan Diri dari Belenggu).

Baca Juga : Poltekpar Makassar dan ICA Sulsel Turun ke Jalan Bagi Kue dan Tajil

Pada hari kedua peserta menerima materi terkait Wawasan Kebangsaan dan Anti Radikalisme (Menanamkan Cinta Tanah Air dan Anti Radikalisme), Anti Korupsi dan Waspada NARKOBA/NAPZA (Menghindari Sikap Korup Sejak Mahasiswa dan Selalu Waspada dengan NARKOBA), Unshakable Mentality (Ketahanan Diri Ditengah Guncangan), dan The Power of Vision (Memetakan Tujuan Akhir dari Belajar).

Ary Ginanjar selaku pendiri ESQ Leadership Center juga hadir secara daring menyapa para mahasiswa dan pimpinan Poltekpar Makassar lewat zoom meeting. Kehadiran Ary Ginanjar merupakan bentuk apresiasinya kepada Poltekpar Makassar yang secara konsisten menyelenggarakan pelatihan ESQ setiap tahun. Dalam kesempatan tersebut Ary mengatakan bahwa hanya ada 10-20% peran kecerdasan intelektual untuk mencapai keberhasilan dalam hidup, sisanya adalah emosional dan spiritual.

"Ini satu-satunya Politeknik Pariwisata di Indonesia yang serius mampu membangun manusia seutuhnya. Mudah-mudahan akan lahir pemimpin terbaik dari Poltekpar Makassar dan Indonesia semakin berkembang dengan tiga kecerdasan. Otaknya cerdas, jiwa yang stabil, dan hatinya penuh dengan kemuliaan" ujar Ary Ginanjar.

Baca Juga : Poltekpar Makassar Sosialisasikan Kode Etik dan Kode Perilaku ASN BerAkhlak

Selama pelaksanaan kegiatan mahasiswa baru selaku peserta pelatihan terlihat begitu antusias menyimak materi yang disampaikan oleh narasumber. Menurut Luna Luqyana salah seorang peserta pelatihan tersebut mengatakann bahwa setelah dua hari mengikuti pelatihan ESQ dirinya menjadi lebih dapat memahami diri sendiri melalui growth mindset.

"Saya juga lebih bisa memahami apa itu perbedaan dan semakin mengerti kalau kita memang tidak bisa mengubah orang lain tapi kita bisa menjadi alasan mereka ingin berubah. Pelatihan ini juga sangat menarik karena materi disampaikan dengan cara sangat kreatif oleh narasumbernya" pungkas Luna.(**)

#Poltekpar Makassar