Kamis, 10 Agustus 2023 13:26

Parepare Optimistis Raih Penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wistara Kelima Kalinya

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota Parepare, Taufan Pawe.
Wali Kota Parepare, Taufan Pawe.

Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare optimistis meraih penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wistara kelima kalinya melalui presentasi verifikasi penyelenggaraan yang komprehensif dan sinergis dengan berbagai perangkat daerah dan instansi vertikal.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, memimpin jajaran terkait melakukan presentasi Verifikasi Lanjutan Penyelenggaraan Kota Sehat 2021-2022 tingkat nasional secara virtual, Rabu (9/8/2023).

Taufan yang tengah dalam kegiatan dinas di Kabupaten Wajo menyempatkan presentasi di hadapan tim verifikator pusat yang terdiri atas lintas kementerian dan lembaga.

Sementara jajaran terkait Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare, Tim Pembina Kota Sehat Parepare, Forum Kota Sehat Parepare, dan pemangku kebijakan terkait mengikuti presentasi dari Ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare.

Baca Juga : Pemkot Parepare Sukses Raih Juara Satu Penghargaan Pembangunan Daerah

Taufan mengulas secara komprehensif kerja-kerja terintegrasi dan kolaborasi lintas perangkat daerah Parepare bersama instansi vertikal dan pemangku kebijakan lainnya dalam penyelenggaraan Kota Sehat.

Wali Kota Parepare dua periode itu menjelaskan Tim Pembina Kota Sehat Parepare yang terdiri atas beberapa perangkat daerah, antara lain Bappeda, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, Dinas Perkimtan, Dinas Pendidikan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, beberapa instansi teknis lainnya serta instansi vertikal, seperti Kementerian Agama, Polres, dan lainnya, sukses membangun sinergitas dalam penyelenggaraan Kota Sehat.

Itu terbukti dengan capaian empat kali berturut-turut Parepare meraih penghargaan Kota Sehat kategori tertinggi, yakni Swasti Saba Wistara dan kini menatap prestasi serupa untuk kelima kalinya.

Baca Juga : Perjuangkan Honorer, Akbar Ali Usulkan Honorer jadi PPPK

Optimisme itu beralasan karena sembilan tatanan penyelenggaraan Kota Sehat berdasarkan verifikasi mandiri telah melewati ambang batas minimal untuk kategori Wistara. Itu makin menguat dengan presentasi Wali Kota Parepare.

Taufan dalam ulasannya mengungkapkan pembangunan Parepare terinspirasi dari Presiden ke-3 RI, B.J. Habibie, yang merupakan putra kelahiran Parepare. Kisah cinta sejatinya dengan sang istri, Hasri Ainun Habibie, membuat Parepare kental dengan ikonik Kota Cinta Habibie-Ainun.

"Inspirasi itu yang membuat Parepare banyak mengukir prestasi selama sembilan tahun delapan bulan saya memimpin kota ini. Tidak hanya penghargaan Kota Sehat, Parepare juga mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak hingga kesetaraan gender," ungkap Taufan.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare #taufan pawe