Jumat, 04 Agustus 2023 11:04

Menerka Calon Penjabat Gubernur Sulsel: Bahtiar atau Nana Sudjana?

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kolase foto: Bahtiar dan Nana Sudjana
Kolase foto: Bahtiar dan Nana Sudjana

Nana Sudjana "unggul" dalam relasi dengan Joko Widodo (Jokowi).

MAKASSAR -- Bursa nama calon penjabat Gubernur Sulsel mulai mengerucut di internal fraksi di DPRD Sulsel. Nama Bahtiar dan Nana Sudjana kian menguat.

Dua nama tersebut (Bahtiar dan Nana) paling dominan diusulkan oleh fraksi di DPRD Sulsel. Termasuk partai penguasa di tanah air, PDI Perjuangan.

"(Diusulkan) Pak Bahtiar dan Pak Nana Sudjana. Juga ada beberapa nama lainnya beredar," kata Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sulsel, Andi Ansyari Mangkona kepada awak media, pada Kamis (3/8/2023).

Baca Juga : Gagal Usulkan Calon Penjabat Gubernur, DPRD Sulsel Diminta Pahami Substansi Demokrasi

Bahtiar saat ini menjabat Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum di Kemendagri. Sedangkan Nana Sudjana menjabat sebagai Inspektur Utama Setjen DPR RI.

Dua nama ini memang cukup mengenal medan di Provinsi Sulsel. Bahtiar adalah putra daerah kelahiran Bone yang berkiprah di nasional, sedangkan Nana merupakan mantan Kapolda Sulsel (31 Oktober 2021 – 27 Maret 2023).

Bahtiar juga punya pengalaman. Ia pernah menjadi Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Kepulauan Riau pada 2020. Namun, kondisi Sulsel yang kerap "zona merah" di ajang kontestasi politik, membuat nama Nana Sudjana di atas angin menjadi Penjabat Gubernur Sulsel.

Baca Juga : Minus Sulsel, Ini Nama-nama Calon Penjabat Gubernur 9 Provinsi Usulan DPRD

Selain itu, Nana juga "unggul" dalam relasi dengan Joko Widodo (Jokowi). Ia adalah mantan Kapoltabes Surakarta tahun 2010 saat Jokowi menjadi Wali Kota Solo. Ia juga pernah menjadi Dirintelkam Polda Jateng tahun 2011.

Paripurna DPRD Sulsel

DPRD Sulsel akan menggelar rapat paripurna untuk menetapkan tiga calon penjabat Gubernur Sulsel pada pekan depan. Sebelum rapat paripurna, setiap fraksi wajib menetapkan satu nama untuk dibawa ke rapat paripurna.

Baca Juga : Armin Mustamin Soal Calon Penjabat Gubernur: DPRD Sulsel Khianati Rakyat

Hal itu merujuk Permendagri Nomor 4 Tahun 2023 Tentang Penjabat Gubernur, Penjabat Bupati, dan Penjabat Wali Kota. Disebutkan, DPRD provinsi dapat mengusulkan tiga nama calon penjabat gubernur yang memenuhi syarat ke Mendagri.

Selain Bahtiar dan Nana, dua nama lainnya yang patut diperhitungkan adalah Jufri Rahman dan Abdul Rivai Ras. Keduanya juga masuk dalam bursa calon di sejumlah fraksi DPRD Sulsel.

Jufri saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah di Kemenpan RB. Jufri Rahman juga tercatat pernah menjabat sebagai Pj Bupati Tana Toraja dan Sinjai.

Baca Juga : DPRD Sulsel Tak Ajukan Nama Calon Pj Gubernur ke Kemendagri

Sementara Abdul Rivai Ras merupakan perwira tinggi (Pati) bintang dua TNI AL. Laksamana Muda TNI ini sedang menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman di Kemenko Polhukam.

Presiden Penentu

Selain DPRD Sulsel, Mendagri pun berhak mengusulkan tiga nama calon untuk dibahas. Jadi, total ada enam calon.

Baca Juga : DPRD Sulsel Tak Ajukan Nama Calon Pj Gubernur ke Kemendagri

Namun, tidak menutup kemungkinan, ada nama yang sama dengan usulan dari DPRD Sulsel. Kalaupun semua berbeda (calon dari DPRD Sulsel dan Mendagri), nama calon akan dikerucutkan menjadi tiga orang untuk diusulkan kepada Presiden melalui Menteri Sekretaris Negara. Satu nama terpilih akan dilantik pada awal bulan September 2023.

Akankah Presiden memilih Bahtiar, Nana atau nama lain di luar yang beredar? Kita nantikan pada bulan depan.

Berikut nama-nama yang berpotensi diusul fraksi di DPRD Sulsel:

  • Fraksi PDIP: Bahtiar, Nana Sudjana
  • Fraksi NasDem: Jufri Rahman, Bahtiar, Aswanto
  • Fraksi Gerindra: Rivai Ras, Nana Sudjana, Bahtiar
  • Fraksi PPP: Jufri Rahman
  • Fraksi PKS: Rivai Ras, Bahtiar, Aswanto, Jufri Rahman
  • Fraksi PAN: Bahtiar, Nana Sudjana
  • Fraksi Golkar: Nana Sudjana, Aswanto, Rivai Ras, Bahtiar, Jufri Rahman
  • Fraksi Demokrat: Rivai Ras, Bahtiar
  • Fraksi PKB: Nana Sudjana, Bahtiar, Jufri Rahman

Baca Juga : DPRD Sulsel Tak Ajukan Nama Calon Pj Gubernur ke Kemendagri

 

#Penjabat Gubernur Sulsel