Kamis, 03 Agustus 2023 09:19

Mentan SYL Pastikan Ketersediaan Beras Nasional Hadapi El Nino

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL). (Foto: BPMI Setpres)
Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL). (Foto: BPMI Setpres)

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL), memastikan ketersediaan beras nasional cukup baik hingga September 2023 dengan overstock di atas 2,7 juta ton, menjaga produksi dari lebih dari 800 ribu hektare pertanian tiap bulannya. Selain itu, dalam menghadapi fenomena El Nino, pemerintah juga mempersiapkan kurang lebih 500 ribu hektare lahan untuk antisipasi kekeringan.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL), memastikan ketersediaan beras nasional cukup baik hingga September 2023.

Mentan SYL menyampaikan itu dalam keterangan persnya usai mengikuti rapat terbatas (ratas) yang dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk memastikan ketersediaan dan keterjangkauan beras nasional, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (2/8/2023).

"Sampai September kita masih punya overstock di atas 2,7 juta (ton). Artinya, dari setiap bulan masih ada panen di atas 800 ribu hektare, itu menghasilkan cukup untuk kebutuhan kita setiap bulannya di atas 2 jutaan," kata Mentan SYL.

Baca Juga : Mentan Serahkan Bantuan Pertanian Senilai Rp410 Miliar untuk Bencana di Sulsel

Dalam rapat tersebut, ungkap Mentan SYL, Presiden Jokowi juga meminta jajarannya untuk mempersiapkan dan memastikan ketersediaan beras nasional dalam menghadapi fenomena El Nino yang memicu kekeringan dan menurunnya produktivitas pertanian.

"Kita akan mempersiapkan kurang lebih 500 ribu hektare untuk antisipasi El Nino. Walaupun dalam kenyataan sampai hari ini tentang El Nino dan lain-lain sebagainya yang digambarkan akan panas dan lain-lain, saya habis cek beberapa waduk-waduk dan dam kita yang besar, ternyata airnya cukup," ungkap Mentan SYL.

Mentan SYL pun mengharapkan pemerintah daerah turut mempersiapkan diri dalam menghadapi El Nino. Menurutnya, sejumlah daerah telah menyatakan kesiapan untuk mempersiapkan lahan guna menjamin ketersediaan beras nasional

Baca Juga : Indonesia Jalin Kerjasama Teknologi Pertanian dengan Iran

"Ada enam daerah, itu antara lain dan yang utama itu mulai dari Sumatera Utara, Sumatera Selatan, tiga Jawa, ditambah dengan Sulawesi Selatan, jadi enam. Kemudian ada penyangganya adalah Kalimantan Selatan, NTB (Nusa Tenggara Barat), Banten, dan Lampung. Saya yakin kalau ini bisa bergerak 500 ribu hektare, shorted atau kemungkinan imbas dari El Nino itu kita bisa kendalikan dengan baik," katanya.

#Kementerian Pertanian #El Nino #Syahrul Yasin Limpo