Senin, 31 Juli 2023 11:43

KALLA Raih Best Practice in Environment di CSR Outlook Award 2023

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penghargaan diterima langsung General Manager Asset Management & Peralatan PT Bumi Karsa, Ansar Rahman, yang sebelumnya menjabat Direktur PT Tombolo Energy pada CSR Outlook Award 2023 di Soehanna Hall, Jakarta Selatan, Selasa (25/7/2023) lalu.
Penghargaan diterima langsung General Manager Asset Management & Peralatan PT Bumi Karsa, Ansar Rahman, yang sebelumnya menjabat Direktur PT Tombolo Energy pada CSR Outlook Award 2023 di Soehanna Hall, Jakarta Selatan, Selasa (25/7/2023) lalu.

Salah satu unit bisnis KALLA yang bergerak di bidang jasa konstruksi dan pembangunan infrastruktur, PT Bumi Karsa, meraih penghargaan nasional dalam corporate social responsibility (CSR) melalui program Agroforestry: Program Hutan Lestari melalui Sistem Wanatani Berbasis Masyarakat.

JAKARTA, RAKYATKU.COM - Salah satu unit bisnis KALLA yang bergerak di bidang jasa konstruksi dan pembangunan infrastruktur, PT Bumi Karsa, meraih penghargaan nasional dalam corporate social responsibility (CSR).

Penghargaan ini diperoleh melalui program unggulan PT Bumi Karsa, yang berhasil meraih predikat bronze untuk kategori Best Practice in Environment dalam ajang CSR Outlook Award 2023 di Soehanna Hall, Jakarta Selatan, Selasa (25/7/2023) lalu.

CSR Outlook Award 2023 yang mengangkat tema ESG: Moving Towards Sustainable Future diinisiasi PT Olahkarsa Inovasi Indonesia bekerja sama dengan Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD).

Baca Juga : Peringati Hari Bumi, KALLA Tanam Ribuan Bibit Bersama Pemprov Sulsel

Event ini bertujuan menyoroti upaya sektor bisnis dalam menerapkan konsep environmental, social, dan governance (ESG) dalam proses bisnis mereka.

CSR Outlook Award 2023 mencakup beberapa kategori penghargaan, seperti Outstanding Leader, Best Practice in Economic Empowerment, Best Practice in Environment, Best Practice in Education, dan Best Creating Shared Values.

Penilaian berlangsung melalui proses pengumpulan program, penilaian tertulis, presentasi program, hingga penilaian lebih lanjut oleh dewan juri.

Baca Juga : Usia 55 Tahun, Bumi Karsa Jaga Komitmen Pembangunan Infrastruktur Berkelanjutan

Prestasi PT Bumi Karsa dalam kategori Best Practice in Environment diberikan atas program Agroforestry: Program Hutan Lestari melalui Sistem Wanatani Berbasis Masyarakat. Program ini diinisiasi bersama PT Tombolo Energy, anak usaha PT Bumi Karsa yang bergerak di bidang pembangkit listrik tenaga mini-hydro.

Penghargaan diterima langsung General Manager Asset Management & Peralatan PT Bumi Karsa, Ansar Rahman, yang sebelumnya menjabat Direktur PT Tombolo Energy.

"Program ini merupakan komitmen nyata kami (PT Bumi Karsa) dalam menjaga keberlanjutan lingkungan, khususnya mengatasi deforestasi di hulu sungai Kecamatan Tombolopao. Kami sangat bersyukur program ini berhasil mewakili KALLA dalam ajang CSR Outlook 2023 dan menjadi salah satu contoh terbaik CSR dalam bidang lingkungan," kata Rahman.

Baca Juga : Andien Meriahkan Puncak Acara HUT 71 Tahun KALLA dalam Acara Family Gathering di Nipah Park

Program Agroforestry ini merespons kurangnya pengetahuan masyarakat, terutama petani, tentang dampak jangka panjang dari mengalihfungsikan kawasan hutan menjadi lahan pertanian di lokasi bisnis PT Tombolo Energy, yang berada di Kecamatan Tombolopao, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Program ini berhasil meningkatkan fungsi hutan dengan menanam 75.000 pohon, melibatkan 5.162 orang petani dalam penanaman pohon, menanam 2.371 hektare lahan hutan, dan melatih 125 petani di 5 desa program dalam pembibitan tanaman hutan kayu dan pembuatan pupuk cair organik.

Program ini juga berhasil memanfaatkan potensi 10 hektare kebun dengan budi daya ramah lingkungan serta produksi pupuk organik cair (POC) sebanyak tiga ton per bulan serta memberikan tambahan pendapatan hingga Rp16 juta per bulan bagi petani.

Baca Juga : Sukses Gelar Kalla Talks, Ini Pengakuan Peserta

Chief Corporate Secretary, Legal, & Marketing Officer KALLA, Subhan Djaya Mappaturung, mengatakan CSR KALLA telah fokus pada energi bersih dan lingkungan yang sehat.

"Kami bersyukur program CSR salah satu unit bisnis kami kembali mendapatkan penghargaan nasional dalam kategori Best Practice in Environment. Sebelumnya, kami juga meraih penghargaan nasional pada ajang Nusantara CSR Awards 2023 dalam kategori Energi Bersih dan Terjangkau," katanya.

Penghargaan juga diraih beberapa perusahaan lainnya, termasuk PT Pertamina, PT Telkom, PT Badak NGL, PT Pegadaian, PT Tirta Investama Klaten, dan PT Trakindo Utama, yang juga telah memberikan kontribusi dalam berbagai bidang CSR.

#Kalla Group #PT Bumi Karsa