Kamis, 15 Juni 2023 17:58

Wali Kota Parepare Ikuti Rakor Nasional Pengawasan Intern Bersama Presiden Joko Widodo

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota Parepare Ikuti Rakor Nasional Pengawasan Intern Bersama Presiden Joko Widodo

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto menambahkan bahwa IMF memprediksi tahun 2023 perekonomian global melambat dari 3,4% menjadi 2,9%, kondisi ini harus terus diwaspadai.

PAREPARE – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare beserta jajaran mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2023, dengan tema “Kawal Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi“ dan dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo, melalui virtual.

Presiden Jokowi berpesan bahwa untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 tidak mudah, oleh karena itu fungsi pengawasan sangat penting agar program yang ada benar sampai ke masyarakat.

“Setiap rupiah yang dibelanjakan di APBN dan APBD harus produktif. Tugas BPKP untuk mengawasi, mengawal, mengarahkan dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi indonesia terbesar kedua di negara G20,” kata Jokowi.

Baca Juga : Pemkot Parepare Gelar Nobar Indonesia Vs Uzbekistan di Lapangan Andi Makkasau

Jokowi menjelaskan, penguatan dan pengawasan internal jangan hanya menjadi aksesoris dan jangan ada data yang ditutupi. "Daerah tidak boleh mengabaikan rekomendasi rekomendasi yang disampaikan BPKP,” tambah Jokowi.

Sementara, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto menambahkan bahwa IMF memprediksi tahun 2023 perekonomian global melambat dari 3,4% menjadi 2,9%, kondisi ini harus terus diwaspadai.

“Kita harus mewaspadai beberapa faktor seperti risiko yang ditimbulkan dari geopolitik, tingginya suku bunga, tekanan sektor properti di Tiongkok, serta perubahan iklim,” kata Airlangga

Baca Juga : DPRD Parepare Gelar Paripurna LKPj Wali Kota TA 2023

Airlangga optimis dengan kondisi di Indonesia, pasalnya rasio utang luar negeri masih lebih rendah dibandingkan negara di asean maupun negara G7 yaitu di angka 30%.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare