Selasa, 25 Juli 2023 23:47

Diusia ke-33, Kalla Lines Perkuat Layanan Angkutan Mining

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Caption:

Chief Executive Officer Kalla Transport & Logistics (Translog), Andi Muhammad Gunawan dan Chief Operation Officer Kalla Lines, Muhammad Naim membahas performance perusahaan dalam Press Conference HUT ke-33 Kalla Lines di Wisma Kalla, Selasa (25/7/2023).
Caption: Chief Executive Officer Kalla Transport & Logistics (Translog), Andi Muhammad Gunawan dan Chief Operation Officer Kalla Lines, Muhammad Naim membahas performance perusahaan dalam Press Conference HUT ke-33 Kalla Lines di Wisma Kalla, Selasa (25/7/2023).

Kalla Lines tidak hanya di kapal RoRo, saat ini portofilio bisnis Kalla Lines cukup banyak, termasuk bisnis mining

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kalla Lines semakin memperkuat pengembangan portofolio bisnis di usia 33 tahun yang jatuh pada 19 Juli 2023.

Tak hanya pada pengiriman kendaraan, peningkatan angkutan mining (pertambangan) juga menjadi fokus saat ini.

Chief Executive Officer Kalla Transport & Logistics (Translog), Andi Muhammad Gunawan, menjelaskan Kalla Lines telah masuk ke dalam ekosistem bisnis Kalla Translog. Salah satu layanan yang dimiliki ialah integrated vehicle logistics, yakni pengantaran kendaraan dari pabrik sampai ke end user dengan pelayanan yang lengkap.

Baca Juga : Perkuat Armada Pengangkut Tambang, Kalla Lines Tambah Tugboat dan Tongkang

"Alhamdulilah. Kalla Lines sudah berlayar selama 33 tahun. Tidak hanya di kapal RoRo, saat ini portofilio bisnis Kalla Lines cukup banyak, termasuk bisnis mining. Yang akan kita gali lagi ialah layanan integrated mining logistics karena kita memiliki armada daratnya, begitu pun shipment. Kita memiliki kapal tongkang dan tugboat," ungkapnya.

Ia juga membeberkan bahwa Kalla Lines dahulunya pernah melayani angkutan penumpang pada rute Pelabuhan Bajoe-Kolaka.

Sebelumnya, ada pula rute Bira-Selayar. "Sekarang kita melayani angkutan mobil maupun motor dari Jakarta ke Makassar dan Balikpapan," sebutnya.

Baca Juga : Sepanjang 2023, Kalla Lines Konsisten Pimpin Market Share Pengiriman Kendaraan Rute Jakarta-Makassar

Chief Operation Officer Kalla Lines, Muhammad Naim, mengungkapkan, armada angkutan mining telah mulai beroperasi di Sulawesi Tenggara pada 2022 lalu. Saat ini Kalla Lines memiliki 1 kapal tugboat dan 1 kapal tongkang.

"Tahun ini kita bakal menambah armada lagi, yakini 1 tugboat dan 1 tongkang di Agustus 2023. Kemudian, ada lagi penambahan 1 tugboat dan 2 tongkang di akhir tahun 2023," sebutnya.

Sementara itu, pada layanan distribusi kendaran rute Jakarta-Makassar, Kalla Lines mencatatkan performance yang sangat baik. Hingga Juni 2023, market share yang diraih sebesar 50%.

Baca Juga : Distribusi Kendaraan Jakarta-Makassar Paling Banyak Melalui Kalla Lines, Market Share Capai 64,8%

Kalla Lines memiliki dua kapal jenis Ro-Ro yang masing-masing mampu menampung 700 unit kendaraan dalam satu kali trip. Jenis kendaraan yang dimuat pun beragam, mulai dari roda empat, alat berat dan sepeda motor.

Berbagai layanan lainnya dari Kalla Transport & Logistics tersedia di berbagai provinsi di Indonesia seperti wilayah Sulawesi, Kalimantan dan Jawa. Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Kalla Care dengan nomor 0411 300 0103, Whatsapp dengan nomor 0811 4414 030 atau melalui Instagram @kallatranslog.(**)

#Kalla Lines