Senin, 24 Juli 2023 23:39

Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Polres Wajo Gelar Penyuluhan di Sekolah

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Polres Wajo Gelar Penyuluhan di Sekolah

"Kami berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba, khususnya di kalangan pelajar"

RAKYATKU.COM, WAJO - Untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar, Satuan Reserse Narkoba Polres Wajo menggelar Penyuluhan/Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Program Sekolah Bersinar (Bersih Narkoba).

Kegiatan ini sebagai bagian dari RAN-P4GN (Rencana Aksi Nasional Pencegahan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) di lingkungan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) pada Senin (24/07/2023).

Kegiatan yang berlangsung di dua sekolah yakni SMAN 15 Wajo dan SMAN 12 Wajo.

Baca Juga : Peduli Korban Banjir, Kapolres Wajo Serahkan Bansos Secara Simbolis di Dua Desa

Sebagai pemateri, hadir Kepala Bidang Narkoba (KBO Narkoba) Ipda Edy Syamsuri yang mewakili Kasat Narkoba Polres Wajo. Hadir juga Staf Ahli Badan Narkotika Kabupaten (BNK Kabupaten Wajo), Kompol (purn) Suardi yang memberikan wawasan dan pengetahuan tentang bahaya narkoba dari perspektif kebijakan dan penegakan hukum.

Melalui edukasi yang tepat tentang bahaya narkoba, diharapkan para siswa-siswi mampu menjaga diri dan mengambil langkah bijak untuk menjauhi peredaran narkoba.

Berbagai tokoh masyarakat dan pihak terkait turut hadir dalam kegiatan ini, termasuk Kepala Badan Kesbang (Kakesbang) Kabupaten Wajo, Ketua Komisi 2 DPRD Kabupaten Wajo, Perwakilan Pengurus Pusat Perwakilan Anak (PPPA) Kabupaten Wajo, serta Kepala Sekolah dan dewan guru dari kedua SMA yang menjadi tuan rumah kegiatan.

Baca Juga : Pastikan Keamanan Pemudik, Kapolres Wajo Cek Kesiapan Posko Dalam Rangka Hari Raya Idul Fitri 2024

"Kami sangat mengapresiasi langkah yang diambil oleh Sat Res Narkoba Polres Wajo dalam menyelenggarakan penyuluhan bahaya narkoba di lingkungan pendidikan. Program Sekolah Bersinar ini sangat relevan untuk membangun kesadaran siswa-siswi akan ancaman narkoba dan membantu mereka memahami konsekuensi negatif dari penyalahgunaan narkoba," kata Kakesbang Kabupaten Wajo dalam sambutannya.

Kegiatan ini juga menjadi kesempatan bagi orang tua siswa untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang bahaya narkoba, sehingga mereka dapat ikut berperan aktif dalam menjaga dan membimbing anak-anak mereka agar tidak terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba.

Seluruh siswa-siswi yang hadir di acara ini menunjukkan antusiasme dan keseriusan dalam mendengarkan paparan dari para pemateri. Mereka aktif berpartisipasi dalam sesi tanya jawab, menunjukkan bahwa semangat untuk menghindari narkoba dan menjaga masa depannya tetap tinggi.

Baca Juga : Kapolres Wajo Pimpin Apel Operasi Ketupat 2024, Pengamanan Hari Raya Idul Fitri

Kasat Narkoba Polres Wajo menyampaikan harapannya agar kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut dan menjangkau lebih banyak sekolah di wilayah kabupaten Wajo.

"Kami berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba, khususnya di kalangan pelajar. Kolaborasi dengan berbagai pihak termasuk pemerintah, lembaga pendidikan, dan komunitas masyarakat menjadi kunci keberhasilan dalam mewujudkan generasi yang bersih dari narkoba," ujar Ipda Edy Syamsuri.

Semoga program penyuluhan ini dapat memberikan dampak positif dan berkelanjutan dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang aman dan bebas dari pengaruh buruk narkoba di kabupaten Wajo.

Penulis : Abd Rasyid. MS
#polres wajo