Senin, 24 Juli 2023 23:09

Arahan Pangdam Hasanuddin Tentang Netralitas TNI Jelang Pemilu 2024

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Arahan Pangdam Hasanuddin Tentang Netralitas TNI Jelang Pemilu 2024

“Saya ingin kita bekerja yang terbaik, apa yang kita lakukan bermanfaat untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), masyarakat dan untuk satuan kita Kodam XIV/Hasanuddin,"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso memberikan pengarahan kepada para Komandan Satuan (Dansat) dan Kepala Bagian Pelaksana Kodam (Kabalakdam) jajaran yang berada di tiga Provinsi, yakni di Sulsel, Sulbar dan Sultra.

Pengarahan ini dilakukan secara langsung dan virtual (video conference) terpusat di Ruang Bina Yudha (RBY) Makodam XIV/Hasanuddin, Kota Makassar pada Senin (24/07/2023).

Mayjen Totok memerintahkan seluruh satuan jajaran Kodam XIV/Hasanuddin mengimplementasikan lima 5 butir “Netralitas TNI”, diantaranya :

Baca Juga : Babinsa Kodim Polman Isi Kegiatan Ramadhan Dengan Mengajar Anak-anak Mengaji

1. Tidak memihak dan tidak memberi dukungan kepada partai politik maupun Paslon;

2. Tidak memberikan fasilitas sarana dan prasarana milik Kodam XIV/Hasanuddin untuk digunakan sebagai sarana kampanye;

3. Keluarga Prajurit dan PNS Kodam XIV/Hasanuddin dilarang memberi arahan dalam menentukan hak pilih;

Baca Juga : Anggota Kodim Polman Bersama Warga Gotong Royong Bersihkan Saluran Drainase Dipenuhi Sampah

4. Tidak memberikan tanggapan, komentar dan mengupload apapun terhadap kegiatan politik pemilu; dan

5. Menindak tegas Prajurit dan PNS Kodam XIV/Hasanuddin yang terbukti terlibat politik praktis.

Menurutnya hal ini pun telah disampaikan oleh Panglima TNI Laksamana TNI H. Yudo Margono dan Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, serta dalam Logo Pemilu Damai Kodam XIV/Hasanuddin yang sudah dilaunching beberapa hari lalu.

Baca Juga : Kodim Wajo Gelar Karya Bakti Sosial Peduli Lingkungan

“Saya ingin kita bekerja yang terbaik, apa yang kita lakukan bermanfaat untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), masyarakat dan untuk satuan kita Kodam XIV/Hasanuddin," kata Mayjen Totok.

Pangdam mengingatkan terkait hal-hal yang masih terjadi yang merugikan diri sendiri maupun Satuan. Ia meminta para Dansat meyakinkan prajuritnya sehingga tidak ada yang melakukan hal-hal negatif maupun terlibat dalam kasus apapun dengan tetap berpedoman pada Slogan Kodam XIV/Hasanuddin 6K Di Hati Kita (Karakter, Kapabel, Kontemporer, Kompak, Kesemestaan dan Kerakyatan).

Jenderal bintang dua ini mengucapkan terima kasih kepada jajarannya yang telah melaksanakan program-program yang sudah diperintahkan, seperti Jumat Berkah, Minggu Berkah dan beberapa program lainnya.

Baca Juga : Mabbulo Sibatang Polda Sulsel dengan Tiga Pilar Jelang Pemilu serentak 2024

"Saya berterima kasih banyak atas program yang sudah direncanakan dapat berjalan baik dengan keterlibatan prajurit, PNS dan Persit Kodam XIV/Hasanuddin yang turut serta dalam membina Sinergitas, Soliditas TNI bersama masyarakat," tutupnya.

#Kodam Hasanuddin