Kamis, 20 Juli 2023 11:20

Kloter 20 Tutup Gelombang I Pemulangan Jemaah Haji Debarkasi Makassar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penyambutan jemaah haji dari kelompok terbang (kloter) 20 debarkasi Makassar di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makssar, Rabu (19/7/2023) malam. (Foto: Kanwil Kemenag Sulsel)
Penyambutan jemaah haji dari kelompok terbang (kloter) 20 debarkasi Makassar di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makssar, Rabu (19/7/2023) malam. (Foto: Kanwil Kemenag Sulsel)

Kloter 20 dari debarkasi Makassar, terdiri atas 391 jemaah haji dan 5 petugas, tiba dengan selamat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar setelah menunaikan ibadah haji di Makkah. Meskipun ada satu jemaah yang masih dirawat di RS King Abdul Aziz Jeddah, total jemaah yang telah dipulangkan dari embarkasi Makassar hingga penutupan gelombang I adalah 7.825 orang dari total 16.888 jemaah yang berangkat.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sebanyak 391 jemaah haji dari kelompok terbang (kloter) 20 debarkasi Makassar tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Rabu (19/7/2023) malam. Kedatangan mereka menggunakan maskapai Garuda Indonesia Airwais GIA1220.

Kloter 20 ini menyelesaikan fase pemulangan jemaah haji gelombang I dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Arab Saudi. Gelombang II nantinya akan diberangkatkan dari Bandara Internasional Pangeran Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah.

 

Kloter 20 terdiri atas 332 jemaah asal Papua Barat Daya, 33 jemaah Tana Toraja, 21 jemaah dari Makassar, dan 5 orang petugas kloter. Mereka disambut dengan upacara resmi Pj Gubernur Papua Barat Daya, Mohammad Asa’ad, dari PPIH embarkasi-debarkasi Makassar di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makssar.

Baca Juga : Delapan Jemaah Pulang ke Indonesia, 26 Wafat Pasca Operasional Haji 2023

"Selamat datang kembali di tanah air bagi para dhuyufurrahman, para tamu-tamu Allah. Semoga Bapak-Ibu Haji senantiasa dalam keadaan sehat walafiat. Rasa haru dan bahagia yang tiada tara, itulah kalimat yang bisa dilukiskan kepada orang yang barusan kembali ke tanah air sepulang dari menunaikan ibadah haji," ujarnya.

Asa’ad menambahkan kehadiran para jemaah yang baru tiba dari tanah suci dirasakan sebagai kebahagiaan mendalam karena telah menyempurnakan keislamannya dengan menjalankan ibadah rukun Islam kelima, yang tidak mudah dijalankan semua umat Islam.

"Kami berharap semoga Bapak-Ibu memperoleh haji yang mabrur, bahkan sepulangnya dari tanah suci Makkah, jemaah haji diharapkan mampu meningkatkan keimanan dan ketaqwaannya kepada sang Khalik serta dapat berperan menjadi teladan masyarakat yang semakin baik guna bersama-sama membangun Provinsi Papua Barat Daya lebih bermartabat," katanya.

Baca Juga : Satu Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air Usai Jalani Perawatan di Arab Saudi

Tak lupa, Asa’ad juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan ke Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Makassar dan seluruh petugas kloter atas layanan yang diberikan hingga jemaah kloter 20 ini tiba kembali dengan selamat.

Namun, perlu dicatat bahwa kloter ini tidak kembali utuh ke tanah air karena satu orang jemaah asal Tana Toraja, bernama Ipancai Ambo Tang, masih dirawat di RS King Abdul Aziz Jeddah.

Sekretaris PPIH embarkasi-debarkasi Makassar, Ali Yafid, mengungkapkan data realisasi pemulangan jemaah haji debarkasi Makassar hingga 19 Juli 2023.

Baca Juga : Pantau Kondisi Jemaah Haji Sakit di Arab Saudi, Keluarga Bisa Hubungi Nomor Ini

"Jemaah yang kita berangkatkan melalui embarkasi Makassar sebanyak 16.888 jemaah dan yang telah dipulangkan hingga penutup gelombang I ini sebanyak 7825 jemaah. Adapun jemaah embarkasi Makassar yang wafat sebanyak 42 orang," ungkapnya.

#kanwil kemenag sulsel #Haji 2023