Rabu, 19 Juli 2023 17:49

AS Kirim VAMPIRE ke Ukraina 

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sistem roket VAMPIRE menyala selama demonstrasi © L3Harris
Sistem roket VAMPIRE menyala selama demonstrasi © L3Harris

Diproduksi oleh kontraktor senjata AS L3Harris, VAMPIRE dapat dipasang di sebagian besar kendaraan dengan bak kargo, termasuk truk pikap sipil, atau dipasang pada posisi tetap

 

RAKYATKU.COM - Pejabat AS akan mengumumkan paket senjata lain senilai $1,3 miliar untuk Ukraina, termasuk beberapa jenis drone bunuh diri dan sistem peluncur roket VAMPIRE yang baru dikembangkan, menurut Reuters.

 

Bantuan militer terbaru akan diumumkan pada minggu ini, outlet tersebut melaporkan pada hari Selasa, mengutip dua pejabat AS.

Baca Juga : Tekanan Barat Mendekatkan Tiongkok dan Rusia

Kiev akan menerima amunisi, radar, dan sistem kontra-drone lainnya selain VAMPIRE – atau Vehicle-Agnostic Modular Palletized ISR Rocket Equipment.

Diproduksi oleh kontraktor senjata AS L3Harris, VAMPIRE dapat dipasang di sebagian besar kendaraan dengan bak kargo, termasuk truk pikap sipil, atau dipasang pada posisi tetap. Senjata itu terdiri dari sensor penargetan dan pod peluncuran yang dilengkapi dengan empat roket berpemandu laser 70mm, dan dapat digunakan oleh satu operator terhadap target udara dan darat.

Sementara L3Harris mengatakan sistem itu “dapat dikonfigurasi dengan berbagai sensor dan paket senjata,” masih belum jelas varian mana yang akan diberikan ke Kiev.

Baca Juga : Rusia: Pemimpin Kelompok Wagner Dipastikan Tewas dalam Kecelakaan Pesawat

Paket senjata yang akan datang juga akan mencakup dua jenis amunisi berkeliaran – drone yang dilengkapi dengan bahan peledak yang mengorbit medan perang untuk mencari target – Phoenix Ghost dan Switchblade. Kedua UAV telah dikirim ke Ukraina di masa lalu, dengan hampir 600 Phoenix Ghost dipasok dalam pengiriman senjata senilai $95 juta tahun lalu.

VAMPIRE awalnya diumumkan untuk Kiev Agustus lalu, dengan L3Harris kemudian mengonfirmasi telah menerima kontrak Pentagon senilai $40 juta untuk mengirimkan empat sistem pada pertengahan 2023 dan 10 lainnya pada akhir tahun. Perusahaan akan memasang kit pada kendaraan yang kemudian akan dikirim ke Ukraina.

Bantuan militer senilai $1,3 miliar akan datang dari program Inisiatif Bantuan Keamanan Ukraina (USAI), di mana Gedung Putih telah membeli senjata dari industri daripada menggunakan stok AS. Sejak konflik dengan Rusia meletus tahun lalu, Presiden Joe Biden telah mengesahkan $41,3 miliar dalam transfer senjata langsung ke Kiev, dan lebih dari $10 miliar di bawah USAI.

Baca Juga : Putin Angkat Bicara Terkait Kecelakaan Pesawat yang Diduga Tewaskan Bos Wagner

Sumber: RT / 19 Juli 2023

#Rusia #Ukraina #Amerika Serikat #perang