Rabu, 19 Juli 2023 13:30

Profesionalisme ASN Masih Rendah, Bupati Luwu Utara Imbau ASN Tingkatkan Kualifikasi Pendidikan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani.
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, mengimbau para ASN sarjana S1 untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan dengan melanjutkan jenjang pendidikan strata 2 dan 3. Ini diperlukan guna mendongkrak indeks profesionalisme ASN yang masih rendah, seperti yang terlihat dari angka 43,2 pada tahun 2022, yang dipengaruhi kurangnya jumlah ASN dengan gelar strata 2 dan 3.

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN) sarjana S1 untuk melanjutkan jenjang pendidikannya.

"Saya ingin menekankan pentingnya pendidikan formal strata 2 dan 3 guna mendongkrak indeks profesionalisme ASN Luwu Utara," kata Indah saat menyampaikan arahan pada pengambilan dan pelantikan pejabat administrator dan pengawas lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara, Senin (17/7/2023).

Hal ini, kata Indah, berkaca pada indeks profesionalisme ASN Luwu Utara 2022 yang berada pada angka 43,2 atau termasuk dalam kategori rendah.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

Hal ini salah satunya disebabkan kualifikasi jenjang pendidikan ASN di Luwu Utara yang dinilai kurang.

Dari data yang ada diketahui dari 4.878 orang ASN, hanya terdapat 2 orang yang bergelar sarjana strata 3 (S3) dan hanya ada 170 orang ASN yang bergelar sarjana strata 2 (S2). Sementara, ada 3.438 orang ASN yang telah memegang gelar sarjana Strata 1 (S1).

Selain demi mendorong peningkatan indeks profesionalisme ASN, bupati yang tengah menempuh pendidikan strata 2 di bidang Manajemen Bencana ini mengatakan ada banyak manfaat lain yang bisa didapatkan.

Baca Juga : Bupati Lutra: Bendungan Rongkong Jadi Kebutuhan Prioritas Mendesak

"Dengan pendidikan yang lebih tinggi, kita dapat membuka pintu menuju pengetahuan yang lebih luas, mengembangkan keterampilan analitis yang lebih tajam, dan menjadi pemimpin yang kompeten dalam bidang tugas kita," terang Indah.

Menurut Indah, pendidikan strata 2 dan strata 3 merupakan salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan pemahaman mendalam dalam bidang spesialisasi tiap pejabat daerah.

Bupati bergelar magister sains ini membeberkan bahwa dengan kualifikasi jenjang pendidikan yang lebih tinggi, seorang ASN memiliki kesempatan yang besar pula dalam mendapatkan promosi.

Baca Juga : Disdikbud Luwu Utara Santuni Ratusan Yatim Piatu

"Gelar S2 atau S3 juga dapat membuka pintu untuk kesempatan karier yang lebih baik, termasuk dalam hal ini promosi ke posisi manajerial yang lebih tinggi dan tentu tanggung jawab yang lebih besar," sambung istri dari Anggota DPR RI, Muhammad Fauzi, ini.

Maka dari itu, besar harapan Indah agar setiap ASN segera menempuh pendidikan yang lebih tinggi.

"Kepada pejabat tinggi pimpinan pratama, baik yang lama maupun yang baru saja saya lantik, juga kepada pejabat administrator dan pejabat pengawas lama atau yang baru saya lantik hari ini. Saya harap teman-teman sekalian segera melaksanakan komitmennya sesuai surat pernyataan bersedia melanjutkan pendidikan ke strata yang lebih tinggi," harapnya.

#pemkab luwu utara #Indah Putri Indriani