Senin, 17 Juli 2023 10:20

Demi Allah Saya Bersumpah ... Presiden Jokowi Resmi Lantik 1 Menteri dan 5 Wakil Menteri

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pelantikan 1 menteri dan 5 wakil menteri di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/7/2023). (Foto: Biro Setpres)
Pelantikan 1 menteri dan 5 wakil menteri di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/7/2023). (Foto: Biro Setpres)

Presiden Jokowi melantik 1 menteri dan 5 wakil menteri di Istana Negara, Jakarta, dengan upacara yang dihadiri beberapa menteri lainnya serta diawali dengan membacakan sumpah jabatan yang menegaskan kesetiaan mereka kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan kewajiban menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik 1 menteri dan 5 wakil menteri di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/7/2023).

Mereka yang akan dilantik hadir sejak pukul 08.00 WIB untuk melakukan gladi resik sebelumnya. Pukul 09.00 WIB, Presiden Jokowi memasuki Istana Negara.

Mereka yang akan menjabat dalam posisi baru sebagai berikut:

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Dipanggil Presiden Jokowi, Paparkan Rencana Pembangunan Sulsel

1. Budi Arie sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (sebagai pengganti Johnny G. Plate)
2. Rosan Roeslani sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
3. Nezar Patria sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika
4. Paiman Raharjo sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (sebagai pengganti Budi Arie)
5. Pahala Mansury sebagai Wakil Menteri Luar Negeri
6. Saiful Rahmat Dasuki sebagai Wakil Menteri Agama (sebagai pengganti Zainut Tauhid)

Sebelum pelantikan, Keputusan Presiden mengenai pengangkatan anggota kabinet baru dibacakan. Kemudian Presiden Jokowi membacakan sumpah jabatan yang diikuti mereka yang akan menjabat hingga 2024.

"Demi Allah saya bersumpah (Kristen: Demi Tuhan saya berjanji) bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab (Kristen: Kiranya Tuhan menolong saya)."

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Semobil dengan Presiden Jokowi, Laporkan Perkembangan Sulsel

Upacara pelantikan juga dihadiri beberapa menteri, antara lain Menkopolhukam, Mahfud MD; Menko PMK), Muhadjir Effendy; Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi; dan beberapa lainnya.

#Joko Widodo #rombak kabinet