Sabtu, 15 Juli 2023 15:17

Bursa Kerja Pemkab Luwu Utara, 15 Perusahaan Siap Terima Pencari Kerja

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, saat membuka bursa kerja atau job fair di Hotel Elegan Masamba, Jumat (14/7/2023).
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, saat membuka bursa kerja atau job fair di Hotel Elegan Masamba, Jumat (14/7/2023).

Bursa Kerja Pemkab Luwu Utara mengadakan bursa kerja atau job fair dengan 15 perusahaan mitra, menawarkan ratusan lowongan kerja untuk mengatasi masalah ketenagakerjaan. Diharapkan bursa kerja kali ini menyerap lebih banyak pencari kerja seperti tahun sebelumnya yang berhasil menempatkan 152 tenaga kerja dari 363 lowongan tersedia.

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Kabar baik untuk para pejuang kerja di Kabupaten Luwu Utara. Ratusan lowongan kerja tersedia di bursa kerja atau job fair yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara melalui Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Transnaker).

Job fair akan berlangsung selama 10 hari, mulai Jumat (14/7/2023) hingga Ahad (23/7/2023), di Hotel Elegan Masamba. Tercatat ada 15 perusahaan menjadi mitra pemerintah daerah untuk para pencari kerja.

Kepala Dinas Transnaker Luwu Utara, Eka Rusli, mengatakan perusahaan tersebut, yaitu PT Pegadaian, BFI Finance, Mandala Finance, Yamaha, Honda, Esta Dana Ventura, PNM, BRI, Gadai Mas, RS Andi Djemma Masamba, Indomaret, Alfamart, Alfamidi, dan MAF.

Baca Juga : 25 Tahun Luwu Utara, Pj Gubernur Bahtiar Apresiasi Pencapaian Pembangunan Daerah

"Ada 15 perusahaan dari pelbagai bidang membuka lapangan kerja. Total lowongan mencapai ratusan. Jumlah perusahaan yang menjadi mitra pemda kali ini lebih banyak dibanding tahun sebelumnya," ujar Eka Rusli.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, mengatakan job fair ini adalah ajang pertemuan antara pemberi kerja dan pencari kerja yang diharapkan mampu mengatasi masalah ketenagakerjaan di Luwu Utara.

"Untuk itu kepada para pencari kerja agar betul-betul memanfaatkan momen ini, dan kepada penyedia lapangan kerja saya sampaikan apresiasi dan terima kasih," terang Indah saat membuka job fair ini, Jumat (14/7/2023).

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

Adapun hasil job fair yang berlangsung pada 2022 lalu, berhasil menyerap 152 tenaga kerja dari 363 lowongan kerja yang tersedia.

"Kendati masih jauh dari jumlah lowongan yang tersedia, beberapa perusahan masih menjalankan tahapan. Terlebih kita sudah syukur ada ratusan pencari kerja sudah ditempatkan," ungkapnya.

Berdasarkan hasil survei ketenagakerjaan nasional oleh Badan Pusat Statistik (BPS) 2022, tingkat pengangguran terbuka di Luwu Utara 3,01 persen atau 4.774 pencari kerja. Angka tersebut mengalami penurunan 966 orang dari tahun sebelumnya.

Baca Juga : Bupati Lutra: Bendungan Rongkong Jadi Kebutuhan Prioritas Mendesak

"Di satu sisi kita memang patut bersyukur karena angka pengangguran kita lebih rendah atau di bawah rata-rata nasional. Tetapi, kita tidak bisa berleha-leha, pemda tetap akan memfasilitasi para pencari kerja menjadi angkatan kerja yang terampil," ucap istri dari Anggota DPR RI, Muhammad Fauzi, ini.

#pemkab luwu utara #Indah Putri Indriani