Senin, 10 Juli 2023 13:02

Bupati Enrekang Bekali 1.000 Mahasiswa KKN IAIN Parepare, Kenalkan Karakteristik Daerah

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Enrekang, Muslimin Bando (kiri), bersama Rektor IAIN Parepare, Hannani Yunus.
Bupati Enrekang, Muslimin Bando (kiri), bersama Rektor IAIN Parepare, Hannani Yunus.

Bupati Enrekang, Muslimin Bando (MB), memberikan pembekalan kepada lebih dari 1.000 mahasiswa KKN IAIN Parepare dengan mengenalkan karakteristik daerah, termasuk etnis, tradisi, dan kondisi geografis, serta memotivasi mereka untuk melanjutkan kuliah setinggi mungkin. Ia juga berarap mahasiswa dapat memberikan manfaat besar bagi warga dan memperoleh pengalaman berharga selama KKN.

RAKYATKU.COM, PAREPARE — Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kota Parepare menggelar pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Teori 2023 selama tiga hari, 6 hingga 8 Juli 2023.

Rektor IAIN Parepare, Hannani Yunus, membuka acara ini dan mendaulat Bupati Enrekang, Muslimin Bando (MB), membekali 1.000 lebih mahasiswa.

Mahasiswa nantinya akan tergabung dalam program KPM Reguler dan KPM Moderasi yang diterjunkan ke Kabupaten Enrekang dan Kabupaten Tana Toraja.

Baca Juga : Bupati Enrekang dan Wakilnya Apresiasi Antusiasme Masyarakat Saat Pembukaan Mafest 2023

Hannani menyebut pentingnya KKN sebab menjadi momentum mahasiswa mengabdi dan berkontribusi bagi masyarakat. KKN, kata dia, membantu menyelesaikan kesulitan yang dihadapi masyarakat.

“Kami meminta mahasiswa banyak mendengar dan mengidentifikasi masalah-masalah warga desa, menyusun program yang menginspirasi dan memberdayakan," ujar Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Parepare ini.

Hannani mengingatkan agar mahasiswa menjaga etika serta menghindari konten-konten yang merugikan. Ia justru menyerukan untuk promosikan potensi desa, seperti wisata, kerajinan, hasil tani di media sosial (medsos).

Baca Juga : Sofha Cicipi Pangan Berbahan Pisang, Bupati Perkenalkan Enrekang Sebagai Penghasil Sayur

Sementara dalam materinya, Bupati MB banyak memperkenalkan karakteristik daerah, seperti etnis, tradisi, dan kondisi geografisnya. Ia juga memotivasi mahasiswa agar melanjutkan kuliah setinggi mungkin.

Ia juga berharap 1.000 mahasiswa ini membawa manfaat besar bagi warganya. Begitupun mahasiswa bisa memetik pengalaman berharga selama KKN.

Ketua DPD II Golkar Enrekang ini mengajak mahasiswa membantu menyosialisasikan capaian pembangunan dan program pemerintah daerah, terutama di pelosok.

Baca Juga : Optimalkan Penerimaan Pajak, Bupati Enrekang Teken Perjanjian Kerjasama dengan DJP-DJPK

Tak kalah penting, kata dia, IAIN Parepare menguatkan karakter masyarakat Enrekang yang moderat dan toleran. Melawan paham radikal dan ekstrem yang dapat memecah belah keharmonisan warga.

Seusai acara, Bupati dan Rektor menyepakati penguatan kerja sama Pemerintah Enrekang (Pemkab) Enrekang dengan IAIN Parepare.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IAIN Parepare, Ali Rusdi Bedong, menyebut pihaknya memilih Enrekang sebagai lokasi KKN sebab paling antusias dan memberi dukungan penuh. Menurutnya, Bupati MB sangat perhatian pada sektor pendidikan tinggi.

Baca Juga : Bupati Enrekang Apresiasi Swadaya Warga Perbaikan Jalan Provinsi Poros Kotu-Masalle

"Enrekang selalu jadi favorit karena dukungan Bupati dan masyarakatnya yang terkenal ramah dan murah hati,” ungkapnya.

Penulis : Hasrul Nawir
#pemkab enrekang #IAIN Parepare #muslimin bando #Hannani Yunus