Kamis, 06 Juli 2023 08:15

Delegasi Pemuda Singapura Bakal Ikuti Youth City Changers Rakernas Apeksi di Makassar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar, Andi Pattiware.
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar, Andi Pattiware.

Delegasi pemuda Singapura akan berpartisipasi dalam Youth City Changers Rakernas Apeksi di Makassar, yang melibatkan ratusan pemuda dari 98 kota di Indonesia. Mereka akan membahas tema digitalisasi, pemimpin masa depan, pemberdayaan, dan keberlanjutan dalam forum diskusi untuk menyampaikan solusi terkait masalah kepemudaan di negara maju seperti Singapura.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Youth City Changers menjadi salah satu rangkaian Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) XVI 2023 di Kota Makassar.

Menarik karena Youth City Changers tidak hanya diikuti ratusan pemuda dari 98 kota se-Indonesia peserta Apeksi, tetapi juga melibatkan delegasi pemuda Singapura.

Keterlibatan delegasi pemuda Singapura, kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Makassar, Andi Pattiware, berkat inisiasi Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto.

Baca Juga : Gandeng Mr. Green Production, Dispora Makassar Sukses Gelar Kejuaranan Sepatu Roda. Indira Yusuf Ismail; Wadah Kembangkan Bakat Anak Muda

Beberapa waktu yang lalu, Danny Pomanto melakukan pertemuan dan mengundang Menteri Pendidikan Singapura, Chan Chun Sing, mengikuti Youth City Changers Apeksi di Makassar.

"Alhamdulillah kami sudah mendapatkan konfirmasi kalau National Youth Council Singapura akan mengirimkan lima orang delegasi pemuda dari sana,” kata Pattiware, Rabu (5/7/2023).

Kehadiran delegasi pemuda Singapura di Youth City Changers, kata Pattiware, memberikan perspektif baru terkait solusi dari masalah kepemudaan yang terjadi khusus di negara maju seperti Singapura.

Baca Juga : Dispora Makassar Gelar Pemuda Fest 2024, Gelorakan Kreatifitas Hingga Beri Edukasi

“Mereka nantinya akan mengikuti forum membahas isu-isu kepemudaan bersama dengan pemuda-pemuda di Indonesia,” ujarnya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Makassar, Muhammad Dasysyara Dahyar, menjelaskan peserta Youth City Changers nanti akan dibagi menjadi empat komisi.

Delegasi pemuda, baik Indonesia maupun Singapura, akan membahas empat tema, di antaranya digitalization, future leader, empowerment, dan sustainability.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

“Masing-masing dari komisi nanti akan memaparkan status quo atau keadaan di daerahnya masing-masing dan akan ditanggapi pemuda dari kota lain. Apakah pernah terjadi dan solusinya seperti apa,” jelasnya.

Hasil dari forum diskusi tersebut, lanjut Dee sapaan akrabnya, akan disampaikan pada saat puncak acara Rakernas Apeksi di hadapan 98 wali kota se-Indonesia.

“Mereka akan menyusun draft point dan hasilnya akan dibacakan saat puncak Rakernas Apeksi. Jadi, teman-teman pemuda akan menyampaikan apa yang selama ini menjadi keresahan di kota masing-masing,” bebernya,

Baca Juga : Akhirnya! Rute MHM 2024 Resmi Berstandar Nasional dan Bersertifikat PASI

Diketahui, Youth City Changers Rakernas Apeksi akan berlangsung di Tokka Tena Rata, Kabupaten Maros, pada 10-11 Juli 2023.

Mengusung tema Kolaborasi Kaum Muda untuk Indonesia Kuat, kegiatan nanti akan menghadirkan empat pembicara, yakni Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto; Menteri BUMN, Erick Thohir; Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo; dan Ketua Apeksi, Bima Arya.

#pemkot makassar #dispora makassar #Rakernas Apeksi 2023 #Andi Pattiware #Mohammad Ramdhan Pomanto