Rabu, 05 Juli 2023 15:10

Peringatan Tegas Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Larang Pegawai Bawa Handphone ke Lapas

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Ham Sulsel, Drs. Liberti Sitinjak.
Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Ham Sulsel, Drs. Liberti Sitinjak.

"Saya minta UPT tandatangani integritas tak ada handphone dalam Lapas. Kalau ada lagi dalam waktu sudah tandatangan, siap-siap terima resiko dari Kanwil,"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kemenkumham terus berupaya untuk mencegah terjadinya pelanggaran atau keterlambatan oleh pegawai Rutan. Deteksi dini terus dilakukan termasuk untuk mencegah masuknya barang terlarang ke Rutan.

Dikatakan, kondisi yang terjadi di dalam Lapas adalah miniatur dari kondisi yang terjadi di luar Lapas. Para warga binaan pun ingin mendengar musik dan makan enak seperti halnya di masyarakat umum.

"Dia curi-curi kabel supaya mendengar musik. Bagai kita salah melakukan antisipasi, deteksi dini, berantas narkoba dan kordinasi institusi terkait. Tugas kita bagai penghias, merawat perawatan," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Sulsel, Drs. Liberti Sitinjak usai pemusnahan barang bukti hasil penggeledahan pada Rabu 5 Juni 2023 di Rutan Makassar.

Baca Juga : Gelar Upacara Peringati HBP ke-60, Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Katakan ini

Dengan upaya keras untuk mencegah terjadinya pelanggaran ketentuan di dalam Lapas, Liberti pun tak menampik ada saja oknum-oknum petugas yang nakal.

"Kita juga bukan dewa, pastilah ada anak buah kita juga yang nakal, saya tahu persis itu, tapi begitu saya tahu anak buah saya nakal, 1x24 jam mana kala Ka UPT nya lapor, langsung saya tarik pindah ke Kanwil. Namun demikian tidak jaminan bahwa kita ini putih seperti kapas. Jadi upaya yang kita lakukan soal kecolongan sekali dua kali itu terjadi karena kita manusia, masih ada sikap lelah di situ peluang itu masuk," bebernya.

Selain itu, Liberty juga menyebut telah dilakukan penandatanganan integritas kepada pegawai Lapas untuk tidak membawa handphone.

Baca Juga : 34 Narapidana di Sulsel Terima Remisi Khusus Hari Raya Nyepi

"Saya minta UPT tandatangani integritas tak ada handphone dalam Lapas. Kalau ada lagi dalam waktu sudah tandatangan, siap terima resiko dari Kanwil," tegasnya.

#Kemenkumham Sulsel #lapas #Rutan