Senin, 03 Juli 2023 08:15

Indonesia City Expo Jadi Panggung Peluang Kerja Sama Peserta Apeksi 2023 di Makassar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Indonesia City Expo (ICE) ke-19 di Makassar adalah pameran tahunan yang bertujuan sebagai wadah untuk memublikasikan perkembangan pembangunan dalam bidang tata kota yang berkelanjutan dan memungkinkan adanya kerja sama antara pemerintah dan swasta.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XVI 2023 akan segera dilaksanakan. Tahun ini, Kota Makassar menjadi tuan rumah acara tahunan tersebut.

Berbagai rangkaian kegiatan telah disusun dengan baik. Salah satunya pameran Indonesia City Expo (ICE) ke-19 yang akan diadakan pada 12-14 Juli di Centre Point of Indonesia (CPI).

Pameran ini akan menampilkan inovasi, program-program, dan produk asli dari daerah anggota Apeksi. Tiap kota anggota akan memiliki stan pameran yang menampilkan keunikan mereka.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

Selain itu, ada juga pagelaran seni budaya nusantara, festival kuliner, dan pawai budaya yang akan mengisi acara ini.

"ICE ini bisa menciptakan peluang kerja sama bagi anggota Apeksi yang hadir. Kemungkinan besar ada saling ketertarikan atau ada minat antar kota sehingga terbuka peluang kerja sama di antara pemerintah kota yang ikut ICE," ujar Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Makassar, Muhammad Rheza, Ahad (2/7/2023).

Rheza menambahkan, ICE akan melibatkan UMKM dengan mendirikan stan di Anjungan of City Makassar. Berbagai OPD seperti Bagian Kerja Sama, Dinas Pariwisata, Dinas Perdagangan, Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Ketenagakerjaan, serta Dinas Koperasi dan UMKM juga akan ambil bagian dalam pameran ini.

Baca Juga : Bersama Pejabat Pemkot Makassar,Zulkifli Nanda Belajar Tata Kelola Utilitas Bawah Tanah

Acara ini penting bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar karena ribuan peserta dari hampir seluruh wali kota anggota Apeksi beserta jajarannya akan hadir dalam perhelatan ini.

Oleh karena itu, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, mengajak seluruh peserta Apeksi dari 98 kota di seluruh Indonesia dan masyarakat Makassar untuk bersama-sama menjadikan acara ini sukses.

"Sebagai tuan rumah tahun ini saya siap menyambut seluruh peserta Apeksi dan Saya juga mengajak untuk sukseskan penyelenggaraan Rakernas XVI Apeksi dan ICE ke-19. Persembahkan yang terbaik buat tamu-tamu kita agar Makassar menjadi lebih baik di mata kota-kota yang hadir," seru Danny Pomanto, sapaan akrabnya.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Janji Alokasikan Rp1 Miliar Dana Hibah untuk Masjid Al-Markaz

ICE merupakan pameran tahunan yang bertujuan sebagai wadah untuk mempublikasikan perkembangan pembangunan dalam bidang tata kota yang berkelanjutan dan memungkinkan adanya kerja sama antara pemerintah dan swasta.

#pemkot makassar #Rakernas Apeksi 2023