Sabtu, 01 Juli 2023 08:47

Rakernas Apeksi di Makassar Jadi Momen Farewell Presiden Jokowi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rapat koordinasi (rakor) Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, bersama seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar terkait persiapan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) XVI di Amirullah DP Hall, Jalan Amirullah, Jumat (30/6/2023) malam.
Rapat koordinasi (rakor) Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, bersama seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar terkait persiapan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) XVI di Amirullah DP Hall, Jalan Amirullah, Jumat (30/6/2023) malam.

Rakernas Apeksi akan berlangsung di Makassar pada 10-14 Juli 2023 dengan Presiden Jokowi dijadwalkan hadir dan membuka acara pada 12 Juli. Acara ini juga dirancang untuk menjadi momen terima kasih kota kepada Presiden Jokowi dalam tahun terakhir masa kepemimpinannya.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan menghadiri Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) XVI di Kota Makassar.

Sebagai tuan rumah, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Ia melaksanakan rapat koordinasi (rakor) bersama seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar di Amirullah DP Hall, Jalan Amirullah, Jumat (30/6/2023) malam.

Rakor membahas terkait persiapan Rakernas Apeksi yang akan berlangsung 10-14 Juli mendatang. Termasuk membuatkan skenario menyambut kedatangan Presiden Jokowi.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

Rencananya, Presiden Jokowi akan hadir dan membuka Rakernas Apeksi pada 12 Juli 2023 di Upperhills, Jalan Metro Tanjung Bunga.

"Kemungkinan Pak Presiden Jokowi datang itu besar sekali sehingga skenario kegiatan ini dibuka oleh Pak Presiden harus dimatangkan," kata Danny Pomanto.

Tidak hanya datang dan membuka kegiatan, Danny Pomanto menginginkan agar Rakernas Apeksi ini menjadi istimewa dan momen farewell Presiden Jokowi.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Dipanggil Presiden Jokowi, Paparkan Rencana Pembangunan Sulsel

Terlebih ini merupakan tahun terakhir masa kepemimpinan Presiden Jokowi. Termasuk, juga rakernas terakhir bagi pengurus Apeksi masa kepemimpinan Bima Arya sebagai ketua.

"Kalau beliau datang agenda besar kita harus ada momen terima kasih kota untuk Presiden Jokowi," tuturnya.

Danny Pomanto juga menginstruksikan seluruh OPD untuk bekerja maksimal menyukseskan kegiatan ini. Terlebih, Rakernas Apeksi menjadi agenda terakhir event nasional yang digelar di Makassar.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Semobil dengan Presiden Jokowi, Laporkan Perkembangan Sulsel

"Ini gengsi dan legacy-nya kita. Kita sudah berhasil Otda (Hari Otonomi Daerah) dan dan MNEK (Multilateral Naval Exercise Komodo). Jadi, kita tidak boleh menganggap enteng Apeksi. Jadilah tuan rumah yang terbaik," ucap Danny Pomanto.

Kepala Bagian Kerja Sama Sekretariat Daerah (Setda) Makassar, Zulfitra Dianta, mengatakan sejauh ini Presiden Jokowi masih terkonfirmasi hadir, termasuk beberapa menteri.

"Sampai saat ini terjadwal Pak Presiden akan menghadiri dan batik yang akan dikenakan beliau pada saat pembukaan sudah diterima Sekretaris Kabinet," ungkapnya.

Baca Juga : Presiden Jokowi Janjikan Pembangunan Stadion Baru di Makassar

Rakernas Apeksi nanti juga dirangkaikan dengan beberapa kegiatan, seperti Youth City Changers (YCC), Makassar Invesment Forum (MIF), Indonesia City Expo, gala dinner, city tour and kuliner, Ladies Programme, karnaval dan pawai budaya, serta afternoon tea di atas di pinisi.

#Joko Widodo #Rakernas Apeksi 2023 #Mohammad Ramdhan Pomanto #pemkot makassar