Rabu, 28 Juni 2023 14:30

Pelaksanaan Salat Iduladha di Luwu Utara Dipusatkan di Masjid Agung Syuhada

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kepala Bagian Kesra Setdakab Luwu Utara, Muhammad Yamin.
Kepala Bagian Kesra Setdakab Luwu Utara, Muhammad Yamin.

Salat Iduladha di Luwu Utara tahun ini akan dipusatkan di Masjid Agung Syuhada sebagai lokasi utama, menggantikan Lapangan Tamsis, dengan Dr. Abbas Langaji sebagai khatib. Pemkab Luwu Utara berharap pelaksanaan salat id di Masjid Agung Syuhada dapat berjalan lancar dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat.

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Pemerintah pusat melalui Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan bahwa pelaksanaan salat Iduladha 1444 H/2023 M akan jatuh, Kamis (29/6/2023). Menyusul keputusan tersebut, pemerintah kabupaten/kota juga telah menetapkan beberapa lokasi untuk pelaksanaan salat id, termasuk di Kabupaten Luwu Utara.

Kepala Bagian Kesra Setdakab Luwu Utara, Muhammad Yamin, mengumumkan lokasi utama pelaksanaan salat id di Luwu Utara tahun ini akan dipusatkan di Masjid Agung Syuhada, Kota Masamba. Hal ini merupakan perubahan dari tahun sebelumnya, di mana Lapangan Tamsis selalu menjadi prioritas utama jika kondisi cuaca cerah.

Yamin menjelaskan, keputusan ini berlaku khusus bagi umat muslim yang berada di Masamba dan sekitarnya. "Bagi umat muslim yang ada di Masamba dan sekitarnya, yang akan salat Iduladha Kamis 29 Juni, pelaksanaannya di Masjid Agung Syuhada, bukan di Tamsis," jelas Yamin, Rabu (28/6/2023).

Baca Juga : Indah Target Luwu Utara jadi Pelopor Guru Penggerak

Selain itu, Yamin juga mengungkapkan bahwa Dr. Abbas Langaji, S.Ag., M.Ag., akan menjadi khatib dalam salat id kali ini. Abbas Langaji adalah alumnus Madrasah Aliyah Program Khusus dan saat ini menjabat sebagai Rektor IAIN Palopo periode 2023-2028. Ia baru saja dilantik sebagai Rektor IAIN menggantikan Dr. Abdul Pirol.

Dengan dipusatkan di Masjid Agung Syuhada, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara berharap agar pelaksanaan salat id dapat berjalan lancar dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat.

#pemkab luwu utara #Lebaran Iduladha 2023