Selasa, 27 Juni 2023 13:09

Gerakan Passeddingeng Ganjar Pranowo Gelar Pelatihan Songkok Recca untuk Masyarakat Bone

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Gerakan Passeddingeng masyarakat Bone menggelar pelatihan membuat songkok recca di Desa Tanete Harapan, Kecamatan Cina, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Senin (26/6/2023).
Gerakan Passeddingeng masyarakat Bone menggelar pelatihan membuat songkok recca di Desa Tanete Harapan, Kecamatan Cina, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Senin (26/6/2023).

Gerakan Passeddingeng Ganjar Pranowo mengadakan pelatihan pembuatan songkok recca di Desa Tanete Harapan, Kabuaten Bone, Sulawesi Selatan, untuk melestarikan budaya dan mengembangkan songkok recca sebagai ikon Bone. Kesempatan ini juga jadi momentum sosialisasi dukungan terhadap Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pada Pilpres 2024.

RAKYATKU.COM, BONE - Sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Gerakan Passeddingeng masyarakat Bone menggelar pelatihan membuat songkok recca. Ini salah satu langkah nyata melestarikan budaya.

Pelatihan membuat songkok recca ini diselenggarakan di Desa Tanete Harapan, Kecamatan Cina, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Senin (26/6/2023).

Koordinator Lapangan (Korlap) Gerakan Passeddingeng masyarakat Bone, Aswar Hamid, mengatakan tujuan dari pelatihan ini sengaja dilakukannya agar ikon dari Bone, yakni songkok recca, tetap eksis di semua kalangan.

Baca Juga : Pengamat: Pasangan Prabowo-Gibran Rawan Tersandera Kelompok Oligarki

"Bagaimana pengembangan ikon Bone, songkok recca ini bisa berkembang atau berbagai hal kalangan masyarakat ibu-ibu yang bisa melakukan (pembuatan songkok recca),” ujar Aswar di lokasi.

Songkok recca terbuat dari bahan dasar serat pohon lontar yang merupakan pohon khas Sulawesi. Aswar menuturkan dirinya mempunyai keinginan agar songkok recca bisa makin berkembang terutama di Desa Tanete Harapan.

Paling penting, kata dia, usai adanya pelatihan ini, warga Desa Tanete Harapan bisa mengenal cara pembuatannya dan kemudian menjadi pengrajin dari songkok recca.

Baca Juga : Pakar HTN: Pilpres Satu Putaran Sulit Terwujud

“Masyarakat bisa lebih mengenal cara pengrajinan songkok recca, bukan hanya melihat dari jadinya saja. Ini bisa mengrajin juga untuk songkok recca,” beber Aswar.

Pelatihan songkok recca yang diselenggarakan Gerakan Passeddingeng masyarakat Bone mendapatkan tanggapan positif dari warga Desa Tanete Harapan.

Ulfa Dila Ulandari, salah satu peserta, menyampaikan pelatihan ini memberikan ilmu, terutama bagi para warga. Sebab, mereka jadi mengetahui cara membuat songkok recca.

Baca Juga : Strategi Ganjar-Mahfud Cegah "akal-akalan" di TPS

“Adanya pelatihan ini kesannya baik sekali karena bisa menambah ilmu bagi masyarakat yang belum tahu pembuatan songkok recca jadi tahu,” ungkap Ulfa.

Dalam kesempatan tersebut, Gerakan Passeddingeng masyarakat Bone juga menyosialisasikan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden dari PDIP yang bakal maju pada Pilpres 2024.

“Kalau respons untuk Pak Ganjar alhamdulillah sangat baik. Antusias bagaimana bisa mendukung secara penuh untuk Pak Ganjar menjadi Presiden 2024,” beber Aswar.

Baca Juga : Pengamat: Keunggulan di Exit Poll Bisa Kerek Elektabilitas Ganjar-Mahfud

Dukungan Ganjar untuk jadi presiden juga disampaikan warga Desa Tanete Harapan. “Semoga Pak Ganjar bisa jadi presiden di 2024. Kami siap mendukung,” ujar Ulfa.

#Relawan Ganjar #ganjar pranowo #Gerakan Passeddingeng #Pilpres 2024