Selasa, 27 Juni 2023 11:04

Bupati Sidrap Antusias dengan Kerja Sama Bank Mandiri untuk Peningkatan PAD

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Sidrap, Dollah Mando (kanan), dan Pj. Area Head Mandiri Parepare, Iwa Gunawan, menandatangani perjanjian kerja sama terkait pengembangan layanan perbankan bagi kepentingan publik, Senin (26/6/2023), di Ruang Rapat Pimpinan, Kantor Bupati Sidrap.
Bupati Sidrap, Dollah Mando (kanan), dan Pj. Area Head Mandiri Parepare, Iwa Gunawan, menandatangani perjanjian kerja sama terkait pengembangan layanan perbankan bagi kepentingan publik, Senin (26/6/2023), di Ruang Rapat Pimpinan, Kantor Bupati Sidrap.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidrap menjalin kerja sama dengan Bank Mandiri untuk pengembangan layanan perbankan publik di Kabupaten Sidrap. Kerja sama ini bertujuan memudahkan pembayaran pajak dan retribusi daerah serta meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

RAKYATKU.COM, SIDRAP - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidrap menjalin kerja sama dengan Bank Mandiri terkait pengembangan layanan perbankan bagi kepentingan publik di Kabupaten Sidrap.

Bupati Sidrap, Dollah Mando, dan Pj. Area Head Mandiri Parepare, Iwa Gunawan, menandatangani kesepakatan itu, Senin (26/6/2023), di Ruang Rapat Pimpinan, Kantor Bupati Sidrap, disaksikan perwakilan Bank Mandiri TBW Region X Sulawesi dan Maluku, Fakhryadi Amran; perwakilan Bank Mandiri CBC Region X Sulawesi dan Maluku, Imelda Pattinasarany; dan Kepala Cabang Bank Mandiri Sidrap, Supratman Iskandar.

Pada kesempatan yang sama dilakukan pula penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pj. Area Head Mandiri Parepare, Iwa Gunawan, dengan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sidrap, Muhammad Yusuf.

Baca Juga : Sekda Sidrap Basra Bakal Dilantik Jadi Pj Bupati Akhir Pekan Ini

Perjanjian mengenai penyediaan layanan perbankan dalam rangka penerimaan pembayaran pajak daerah dan retribusi daerah melalui mekanisme host to host.

Bupati Sidrap, Dollah Mando, menyambut baik jalinan kerja sama dengan Bank Mandiri yang dinilainya akan memudahkan layanan perbankan, khususnya pembayaran pajak dan retribusi daerah yang bakal mendukung peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

Dollah berharap agar program dan layanan ini disampaikan kepada masyarakat luas. Masyarakat, kata dia, akan dengan mudah mengikuti program kalau melihat contoh atau bukti.

Baca Juga : Bapenda Sidrap Bimbing Pelaku Usaha Terapkan QRIS

“Tadi disampaikan kalau kerja sama ini telah dilaksanakan di Kabupaten Wajo. Jadi, tolong diberi bukti apa kelebihan dan tantangannya. Kalau memang memudahkan, masyarakat pasti ikut tanpa disuruh, kalau susah mereka tidak akan ikut,” beber Dollah.

Kepala Bapenda Sidrap, Muhammad Yusuf, mengutarakan pihaknya senantiasa melakukan inovasi dalam rangka peningkatan PAD. Salah satunya, dengan kerja sama dengan Bank Mandiri kali ini.

“Dengan lahirnya kerja sama ini, tentunya makin memudahkan layanan-layanan kepada wajib pajak. Kami sadari pembayaran digital sangat membantu masyarakat, utamanya dalam dua kegiatan kami, PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) dan BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan),” jelas Yusuf.

Baca Juga : Soft Launching Aplikasi SiPeNGaja, Inovasi Pengadaan Barang dan Jasa di Kabupaten Sidrap

Fakhryadi Amran atas nama Bank Mandiri berterima terima kasih ke Pemkab Sidrap yang menyambut niat baik untuk meningkatkan PAD di Sulsel.

“Kami bangga bisa bekerja sama dengan salah satu pemenang digiltalisasi di Sulsel, di mana tahun lalu Kabupaten Sidrap mendapat penghargaan dari Bank Indonesia,” tutur Fakhryadi.

Bank Mandiri, kata dia, punya reputasi dan pengalaman sebagai penyedia layanan transaksi banking yang inovatif termasuk untuk institusi yang bergerak dalam pelayanan publik.

Baca Juga : Hadiri Apel Besar Akhir Masa Jabatan Gubernur Sulsel, Bupati Sidrap Apresiasi Dedikasi Andi Sudirman Sulaiman

“Bank Mandiri akan memperluas jaringan dan memudahkan penerimaan PAD di Sidrap. Misalnya ada channel terbatas dengan layanan-layanan di luar pulau Sulsel, cari Bank Mandiri saja,” tuturnya.

Fakhryadi mengakui, ada tantangan dalam melakukan adaptasi dan membiasakan wajib pajak transaksi secara digital.

“Contoh di Wajo, pasti ada resistensi. Namun, pelan-pelan kita kasih pengertian dan akan menjadi kebiasaan mereka. Pimpinan cabang melakukan sosialisasi secara rutin ke masing-masing kecamatan, ada pula mandiri agen melakukan pembayaran melalui channel dimaksud,” bebernya.

Baca Juga : UPP Saber Pungli Sulsel Monev Kegiatan 2023 dan Rencanakan Aksi 2024 di Sidrap

Sejumlah pejabat Pemkab Sidrap hadir pada kesempatan ini, di antaranya Asisten Administrasi Umum, Nasruddin Waris; Kepala Dinas Kominfo, Bachtiar; Kepala Dinas Perhubungan, Andi Bahari; Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, Semuel; Kepala Dinas Porapar, Indah Said Roem; Kabag Kerja Sama, Andi Besse; serta pejabat terkait lain.

#pemkab sidrap #Dollah Mando