Senin, 26 Juni 2023 15:11

GPM Jadi Fokus Wali Kota Parepare untuk Stabilisasi Harga Pangan dan Pengendalian Inflasi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare dan instansi lainnya mengikuti peluncuran Gerakan Pangan Murah (GPM) menjelang Lebaran Iduladha 1444 H/2023 M di area gedung Islamic Center, Kota Parepare, Senin (26/6/2022).
Jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare dan instansi lainnya mengikuti peluncuran Gerakan Pangan Murah (GPM) menjelang Lebaran Iduladha 1444 H/2023 M di area gedung Islamic Center, Kota Parepare, Senin (26/6/2022).

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, menjadikan Gerakan Pangan Murah (GPM) sebagai fokusnya untuk menstabilkan harga pangan dan mengendalikan inflasi, dengan tujuan utama menjaga fluktuasi inflasi agar tetap terkendali.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, mengikuti peluncuran Gerakan Pangan Murah (GPM) menjelang Lebaran Iduladha 1444 H/2023 M yang diselenggarakan Badan Pangan Nasional secara virtual, Senin (26/6/2022).

Taufan bersama jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare dan instansi lainnya mengikuti peluncuran di area gedung Islamic Center, Kota Parepare.

Ia menyampaikan bahwa GPM bertujuan menstabilkan harga komoditas pangan dan mengendalikan inflasi di daerah sehubungan dengan perayaan Lebaran Iduladha.

Baca Juga : Parepare-Samarinda Jajaki Kerjasama Peningkatan Daya Saing Daerah

"Dalam laporan Kepala BPS (Parepare), alhamdulillah kami mendapatkan kabar bahwa tingkat inflasi di Parepare saat ini rendah dan terkendali, yaitu sebesar -0,11 persen," ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan GPM adalah isu nasional yang indikator keberhasilannya terletak pada pengendalian inflasi.

Tujuan utama dari agenda nasional ini, kata Taufan, untuk menjaga fluktuasi inflasi agar tetap terkendali.

Baca Juga : RS Andi Makkasau Parepare: Selamat Hari Pendidikan Nasional

"Kata kuncinya bagaimana pemerintah daerah hadir di tengah-tengah masyarakat untuk menyediakan komoditas bahan pangan pokok serta kemampuan daya beli masyarakat," jelasnya.

Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi, menyatakan pengendalian inflasi merupakan tantangan bagi tiap negara. Inflasi di Indonesia saat ini berada pada tingkat empat persen dan terus terkendali berkat sinergi antara pemerintah pusat dan daerah.

Ia juga mengakui saat ini harga pangan global sangat tinggi. Oleh karena itu, langkah yang diambil adalah menjaga inflasi melalui pelaksanaan GPM secara serentak di seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

Baca Juga : Tiba di IKN, Akbar Ali Minta Jajarannya Cari Potensi Untuk Kemajuan Kota Parepare

"Aksi nyata peran dalam menjaga inflasi sekaligus meningkatkan perekonomian di Indonesia dibutuhkan sinergitas dari pemerintah daerah," ucapnya.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare #taufan pawe #Gerakan Pangan Murah