Rabu, 21 Juni 2023 16:32

Yamali TB Wajo dan Camat Tempe Gelar WorkshopImplementasi Pencegahan Tuberkulosis

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Yamali TB Wajo dan Camat Tempe Gelar WorkshopImplementasi Pencegahan Tuberkulosis

"Kami juga berharap bahwa kegiatan ini bisa juga dilakukan di kantor lain, termasuk semua kantor kelurahan di wilayah kecamatan Tempe"

RAKYATKU.COM, WAJO - Kantor Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo menjadi lokasi Workshop Implementasi Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) Tuberkulosis (TB).

Kegiatan diinisiasi Yayasan Masyarakat Peduli Tuberkulosis (Yamali TB) Kabupaten Wajo melibatkan Dinas Kesehatan, Puskesmas Tempe dan Salewangang, dan BPSDMA Kab Wajo. Kegiatan telah berlangsung selama dua hari.

Ketua Yamali TB Wajo, Iskdandar, menyatakan tujuan dari workshop PPI ini adalah untuk mengedukasi pegawai tentang penanganan dan pencegahan TB melalui praktik pengendalian infeksi.

Baca Juga : Pastikan Kondisi Warga, Penjabat Bupati Wajo Pantau Banjir Di Tiga Kecamatan

Iskandar menjelaskan, kegiatan dilakukan dengan pemaparan materi mengenai standar pengendalian PPI dan situasi TBC Kabupaten Wajo. Kemudian, dilanjutkan dengan visitasi atau kunjungan ke semua ruangan kantor untuk mengukur ach, suhu dan volume ruangan.

"Selain itu, kita mengajak semua pegawai untuk roleplay cara cuci tangan yang baik, penggunaan masker, cara mengelola kebersihan dan limbah," tuturnya pada Rabu (21/6/2023).

Camat Tempe, Supardi, menjelaskan bahwa workshop PPI ini diadakan dikantornya sebagai bentuk komitmennya dalam menerapkan standar kesehatan bagi dan gedung tempat mereka beraktivitas.

Baca Juga : Diguyur Hujan Deras, 6 Titik Tanggul di Belawa Wajo Jebol

"Karena kantor ini merupakan lokasi di mana orang-orang berkumpul selama lebih dari enam hingga tujuh jam sehari," katanya.

Dari pelaksanaan workshop PPI ini, sejumlah hal direkomendasikan peserta kepada pemerintah kecamatan Tempe Wajo. Beberapa rekomendasi di antaranya, perlunya ada SOP tentang kesehatan pegawai, sosialisasi rutin mengenai langkah cuci tangan dan kebersihan ruang kerja, pengadaan APD masker dan fasilitas cuci tangan, hand sanitizer, serta penjadwalan dan kontrol kesehatan bagi pegawai.

Sekretaris Camat Tempe, Andi Parewangi menyatakan menyambut baik rekomendasi yang diberikan peserta PPI. Ia menegaskan, bersama Camat, akan segera menindaklanjuti sejumlah rekomendasi karena memang berkaitan denhan keadaan di kantor Kecamatan Tempe.

Baca Juga : Pj Bupati Andi Bataralifu Serahkan Bantuan 2,5 Ton Beras Untuk Korban Bencana Banjir

"Terima kasih atas semua masukan dan rekomendasi untuk gedung kami, kami sangat terbuka untuk melakukan pembenahan dan akan menjajaki kerjasama dengan Dinkes dan layanan kesehatan terdekat terkait ini. Kami juga berharap bahwa kegiatan ini bisa juga dilakukan di kantor lain, termasuk semua kantor kelurahan di wilayah kecamatan Tempe," tukasnya.

Penulis : Abd Rasyid. MS
#pemkab wajo #Amran Mahmud