Selasa, 20 Juni 2023 08:45

Shin Tae-yong Apresiasi Mental Tangguh Timnas Indonesia

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Duel penggawa Timnas Indonesia saat berhadapan Argentina pada laga FIFA Matchday yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (19/6/2023). (Foto: PSSI)
Duel penggawa Timnas Indonesia saat berhadapan Argentina pada laga FIFA Matchday yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (19/6/2023). (Foto: PSSI)

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengapresiasi mental para pemainnya yang memberikan perlawanan kuat meskipun Timnas kalah 0-2 oleh Argentina pada laga FIFA Matchday. Ia berharap pengalaman bertanding melawan Argentina dapat menjadi motivasi bagi pemain Timnas Indonesia untuk berkembang lebih lanjut dan siap menghadapi babak kualifikasi Piala Dunia 2026 dan putaran final Piala Asia 2023 di Qatar.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengapresiasi mental para pemainnya saat melawan Argentina pada laga FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (19/6/2023).

Meski hasilnya Timnas Indonesia kalah 0-2 oleh gol Leandro Paredes (38') dan Cristian Romero (55'), Shin bangga karena Asnawi Mangkualam Bahar dan kawan-kawan mampu memberikan perlawanan.

Setidaknya ada dua momen ketika Timnas Indonesia memberikan ancaman ke gawang Argentina. Pertama, lewat sambaran Ivar Jenner yang ditepis Emiliano Martinez.

Baca Juga : STY Panggil 28 Pemain untuk Persiapan Piala Asia U-23 Qatar 2024

Kiper Aston Villa itu kembali melakukan penyelamatan di awal babak kedua. Sundulan Elkan Baggott memanfaatkan lemparan jarak jauh Pratama Arhan digagalkan Martinez sambil menjatuhkan badan.

Pada sisi lain, lini belakang Timnas Indonesia tampil solid. Elkan Baggott dan Rizky Ridho yang bertugas sebagai bek tengah mampu menahan gempuran serangan dari Argentina.

Asnawi Mangkualam, Shayne Pattynama, dan Pratama Arhan yang berada di kedua sisi sayap juga berjibaku menghalau setiap upaya serangan yang dilakukan Julian Alvarez dkk.

Baca Juga : Shin Tae-yong Apresiasi Perjuangan Timnas Indonesia Meski Tersingkir dari Piala Asia 2023

"Memang iya Argentina memiliki permainan yang sangat baik, tetapi secara mental para pemain Timnas Indonesia tidak kalah jauh," kata Shin.

Shin berharap pengalaman bertanding dengan Argentina dapat menjadi bekal yang baik ke depannya. Skuat Garuda ditunggu dua agenda penting, yaitu kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Oktober nanti dan putaran final Piala Asia 2023 di Qatar yang dilangsungkan pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

"Dengan pengalaman seperti ini, bagus sekali sebagai motivasi bagi pemain ke depannya untuk berkembang. Saya mengucapkan terima kasih (ke PSSI) karena sudah mengundang Argentina," tutur pelatih asal Korea Selatan ini.

#Timnas Indonesia #timnas argentina #Shin Tae-yong #FIFA Matchday