Jumat, 16 Juni 2023 00:47

Kemendes Berikan Penghargaan Kepada Desa Mandiri di Jeneponto

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kemendes Berikan Penghargaan Kepada Desa Mandiri di Jeneponto

"Ada tiga desa yang mendapatkan penghargaan Lencana Desa Mandiri tahun 2022 yang dihadiri oleh Bupati Jeneponto Iksan Iskandar. Desa yang mendapatkan penghargaan itu, Desa Tompobulu, Desa Tuju dan Desa Pao,"

RAKYATKU.COM, JENEPONTO - Kesuksesan adalah harapan dalam membangun desa. Namun sebagai manusia biasa tak ada yang sempurna untuk memimpin sebuah desa yang berjarak kurang lebih 32 kilo dari kota Jeneponto.

Kepala Desa Perempuan ini, tak mengenal lelah, terus berinovasi untuk menjadikan desa tersebut menjadi desa mandiri. Dari tangan dingin bersama masyarakatnya ia berhasil mendapatkan anugrah Lencana Desa Mandiri tahun 2022.

Kepala Desa Tompobulu, Marwiah kepada Wartawan, penghargaan tersebut diberikan langsung kepada ketiga Kepala Desa salah satunya desa Tompobulu di Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Baca Juga : Pemkab Jeneponto dan PLN Punagaya Jajaki Kerjasama Pemanfaatan Limbah Bonggol Jagung

"Ada tiga desa yang mendapatkan penghargaan Lencana Desa Mandiri tahun 2022 yang dihadiri oleh Bupati Jeneponto Iksan Iskandar. Desa yang mendapatkan penghargaan itu, Desa Tompobulu, Desa Tuju dan Desa Pao," ujarnya, Kamis 15 Juni 2023.

Ia menyebut, bahwa Pemberian Piagam Penghargaan Desa dengan Status Desa Mandiri Tahun 2022 tersebut ditetapkan melalui Keputusan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kepmen Desa PDTT) Nomor 6520/KPG.02.06 2022 tentang Pemberian Penghargaan Desa Dengan Status Mandiri Tahun 2022.

Raihan anugrah ini dapat diperoleh bersama sebagai wujud komitmen dalam membangun desa, sehingga apa yang didapatkan dari Desa Berkembang, Maju hingga bisa mengantarkan Desa Tompobulu menjadi desa mandiri.

Baca Juga : Membumikan Semangat Cinta Qur'an, Kabupaten Jeneponto Sukses Tuntaskan Program 1000 Hafidz

"Status desa mandiri ini menunjukkan bahwa secara ekonomi, pendidikan dan

kesehatan, Desa Tompobulu sudah lebih baik dan terus berkembang, artinya, status desa mandiri, dapat dilihat taraf hidup masyarakat desa menjadi lebih sejahtera perekonomian," terangnya.

Kepala Desa dua Periode ini, mengaku, bahwa keberhasilan selama memimpin desanya terdapat banyak perkembangan, salah satunya sektor Kesehatan dengan tidak adanya balita yang masuk resiko Stunting, termasuk sektor pertanian masyarakat mengalami peningkatan.

Baca Juga : Bupati Jeneponto Hadiri Rakornas Investasi 2023

"Nah, kalau sektor pertanian ada peningkatan ekonomi masyarakat, baik pula pada pendidikan di desa kami. Dan tak kala pentingnya juga, pada sektor kesehatan masyarakat tidak adanya Balita masuk resiko Stunting," urainya.

Ia menegaskan dan menitipkan harapan untuk terus meningkatkan kinerja semua Aparat Desa dan Kader Desa untuk aktif berinovasi, dan dapat memberikan manfaat kepada orang banyak.

"Kita berharap ke depanya lebih baik lagi dari tahun sebelumnya, capaian ini merupakan awal untuk Desa Tompobulu lebih berkembang, sejahtera dan berkemajuan", sebutnya

Baca Juga : Bupati Jeneponto Melantik Pejabat Struktural

Kepada Wartawan Bupati Jeneponto Iksan Iskandar, melalui Kabag Protokol Komunikasi Pimpinan (Protpim) Mustaufiq menjelaskan Penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada desa yang mampu mandiri dalam penataan dan pengelolaan administrasi desa secara baik.

"Sehingga kita berharap ke depan seluruh desa di jeneponto sejumlah 82 desa dapat mengikuti langkah 3 desa yang lebih dulu meraih penghargaan. Tiga desa yang disebut dianggap mampu mandiri dalam pengelolaan administrasi secara baik," ujarnya.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kominfo ini menambahkan, bahwa harapan ke depan, agar desa yang lain dapat mengikuti jejak dan langkah yang telah di capai oleh tiga desa tersebut yang mendapatkan penghargaan Desa Mandiri.

Baca Juga : Pemkab Jeneponto dan KPU Serta Bawaslu Teken Perjanjian Hibah Pemilu dan Pilkada 2024

"Ketiga desa yang mendapatkan penghargaan Desa Mandiri dapat diselaraskan capaian yang telah diraih, mampu maksimal demi terwujudnya juga pelayanan kepada masyarakat menuju Jeneponto Smart," tutupnya.

Penulis : Samsul Lallo
#Pemkab Jeneponto #iksan iskandar