Sabtu, 10 Juni 2023 23:15

WBP Rutan Masamba dapat Pembinaan dan Pelayanan Prima

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
WBP Rutan Masamba dapat Pembinaan dan Pelayanan Prima

Kegiatan Pembinaan yang diberikan meliputi Pembinaan kesadaran beragama yakni pembinaan kerohanian berupa pengajian, ceramah agama, kunjungan kasih oleh Kemenag dan Persatuan Gereja

RAKYATKU.COM, MASAMBA – Salah satu upaya Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Masamba  (Rutan Masamba) dalam memberikan pelayanan prima kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yaitu dengan membekali dengan berbagai macam program pembinaan.

Hal ini diungkapkan Kepala Rutan Masamba, Agung Hartono dalam keterangannya di Rutan setempat, Sabtu (10/6).

"Pembinaan narapidana adalah mengembalikan narapidana secara sehat dalam kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, pembinaan yang diberikan kepada narapidana semestinya bukan sekedar mengisi waktu belaka, tetapi memberikan bekal hidup yang cukup bagi mereka ketika kembali dalam kehidupan masyarakat," Ungkap Agung.

Baca Juga : Gelar Upacara Peringati HBP ke-60, Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Katakan ini

Sistem pemasyarakatan mengandung prinsip pembinaan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan dengan pendekatan yang lebih  manusiawi, tercermin dalam usaha-usaha pembinaan.

“Dengan segala program pembinaan yang telah diberikan selama di lembaga pemasyarakatan khususnya di Rutan Masamba, diharapkan mampu menyadarkan dan membina narapidana agar senantiasa merubah segala perilaku buruk yang dilakukan sebelum menjalani masa hukuman. Sehingga dengan adanya hasil dari pembinaan tersebut dijadikan bekal dan modal para narapidana berinteraksi kembali dengan masyarakat, baik sosial maupun ekonomi.

Kegiatan Pembinaan yang diberikan meliputi Pembinaan kesadaran beragama yakni pembinaan kerohanian berupa pengajian, ceramah agama, kunjungan kasih oleh Kemenag dan Persatuan Gereja, pembinaan berbangsa dan bernegara yakni mewajibkan warga binaan mengikuti upacara nasional, pembinaan intelektual yakni gerakan membaca di perpustakaan yang melibatkan Dinas Perpustakaan. Kemudian pembinaan kesadaran hukum dan penyuluhan hukum oleh LBH setempat, pembinaan reintgerasi yakni sosialisasi dan penyuluhan kesiapan kembali ke masyarakat oleh Dinas Sosial.

Baca Juga : Lantik PPNS, MPDN dan Notaris Pengganti, Liberti Sitinjak Berpesan Jaga Netralitas

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kakanwil Kemenkumham Sulsel), Liberti Sitinjak mengaprrsiasi kegiatan-kegiatan terseut.

"Hal tersebut bertujuan  membantu  narapidana  mengembangkan  dirinya  dan mempersiapkan  diri  untuk  kembali  ke  masyarakat  dengan memberi  bekal keterampilan  kepada  narapidana,  sekaligus  merupakan  bagian  aktifitas narapidana untuk  menambah  pengetahuan  dan  keterampilan  serta penghasilan," Ujar Liberti.(**)

#Rutan Masamba #WBP kemenkumham sulsel #Kemenkumham Sulsel