Rabu, 14 Juni 2023 18:09

Wabup Jeneponto Buka Rakor Penanggulangan HIV dan AIDS

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wabup Jeneponto Buka Rakor Penanggulangan HIV dan AIDS

“Ketika menemukan HIV AIDS kita tidak bisa membiarkan kasus HIV AIDS karena tanggung jawab kita bersama untuk pelaksanaan pengobatan, pelaksanaan peningkatan kualitas hidup pasiennya, lalu bagaimana dukungan kita sehingga tidak menimbulkan stigma,”

RAKYATKU.COM, JENEPONTO - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Jeneponto mengadakan rapat koordinasi dengan stakeholder sebagai penguatan kelembagaan program penanggulangan HIV dan AIDS di Ruang Rapat Sekda, Rabu (15/06/2023).

Wakil Bupati Jeneponto, H. Paris Yasir Sekaligus sebagai Ketua Pelaksana Komisi Penanggulangan (KPA) AIDS Kabupaten Jeneponto secara resmi membuka rapat koordinasi dan di lanjutkan oleh Sekda Muh. Arifin Nur membahas masalah HIV/AIDS sehingga terbentuk suatu komitmen peran kelembagaan dalam rangka penanggulangan HIV/AIDS di Jeneponto.

“Ketika menemukan HIV AIDS kita tidak bisa membiarkan kasus HIV AIDS karena tanggung jawab kita bersama untuk pelaksanaan pengobatan, pelaksanaan peningkatan kualitas hidup pasiennya, lalu bagaimana dukungan kita sehingga tidak menimbulkan stigma,” ujarnya.

Baca Juga : Pemkab Jeneponto dan PLN Punagaya Jajaki Kerjasama Pemanfaatan Limbah Bonggol Jagung

Selain pertemuan dengan stakeholder terkait, selanjutnya KPA juga mengadakan pertemuan Focus Group Discussion (FGD) tentang kepatuhan minum obat dan review program pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS

Kepala Bidang Penanggulangan penyakit dinas kesehatan jeneponto Suryaningrat memaparkan data orang dengan HIV/AIDS (ODHA) ditambah dengan kepatuhan minum obat.

Menurutnya kepatuhan minum obat adalah kunci keberhasilan pengobatan infeksi HIV karena mampu menekan HIV hingga tak terdeteksi serta meningkatkan kualitas dan kelangsungan hidup, dan mengurangi risiko penularan HIV.

Penulis : Samsul Lallo
#Pemkab Jeneponto #iksan iskandar