Sabtu, 10 Juni 2023 12:59

Jemaah Haji Klarifikasi Video Viral Ditelantarkan di Madinah, Minta Maaf ke Menag

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Atika, jemaah haji kloter 14 UPG asal Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). (Foto: Istimewa)
Atika, jemaah haji kloter 14 UPG asal Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). (Foto: Istimewa)

Video viral tentang jemaah haji kloter 14 UPG asal Sulsel yang kabarnya ditelantarkan di Madinah, Arab Saudi, diklarifikasi dua jemaah yang menyatakan informasi tersebut tidak benar. Mereka mengungkapkan jemaah kloter 14 UPG telah merasa nyaman dan melaksanakan ibadah dengan baik serta memohon maaf atas mis-informasi yang tersebar.

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Sebuah video viral di media sosial terkait jemaah haji kloter 14 UPG asal Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Kabupaten Luwu Utara dan Kabupaten Luwu Timur, yang kabarnya ditelantarkan di Madinah, Arab Saudi.

Belakangan terungkap, video viral berdurasi 20,42 menit itu merupakan proses pemindahan jemaah dari Hotel Frontel ke Hotel Taiba Front. Atas kejadian yang sudah menyita perhatian secara nasional, dua jemaah haji kloter 14 UPG segera memberikan klarifikasi.

"Saya atas nama Atika, jemaah haji kloter 14 UPG, mengklarifikasi beredarnya video yang menyatakan bahwa jemaah haji kloter 14 ditelantarkan dan tidak diperhatikan. Itu tidak benar!" tegas Atika dalam video yang beredar berantai di kanal media sosial WhatsApp.

Baca Juga : Indah Target Luwu Utara jadi Pelopor Guru Penggerak

Ia juga mengungkapkan kondisi sebenarnya dan kondisi terkini jemaah kloter 14 UPG. "Alhamdulillah, sekarang jemaah haji kloter 14 telah merasa nyaman dan kini melaksanakan ibadah dengan baik," ungkapnya.

Atas kejadian tersebut, Atika, mewakili jemaah haji kloter 14 UPG lainnya, memohon maaf kepada semua pihak atas adanya mis-informasi terkait video viral tersebut.

"Kami memohon maaf kepada Bapak Menteri Agama, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, Pengurus Haji Provinsi Sulawesi Selatan, Kepala Kantor Kementerian Agama Luwu Utara, seluruh pengurus jemaah haji Indonesia, dan seluruh rakyat Indonesia," ucapnya.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

Hal sama juga disampaikan jemaah haji kloter 14 atas nama Ukkas. Lewat sebuah video yang beredar di WhatsApp, Ukkas membantah jemaah haji kloter 14 UPG ditelantarkan.

"Saya atas nama Ukkas, saya mengklarifikasi video yang beredar yang menyatakan bahwa kloter 14 UPG tidak diurus dan telantar. Itu tidak benar!" tuturnya.

"Dan sekarang jemaah haji kloter 14 UPG sudah merasa nyaman dalam beribadah. Demikian pernyataan kami," sambungnya.

Baca Juga : Pemerintah Tetapkan Hari Raya Idul Fitri 1445 H Jatuh pada 10 April 2024

Sebelumnya, beredar sebuah video viral di media sosial tentang jemaah calon haji dari kloter 14 UPG yang mengaku ditelantarkan di sebuah hotel di Madinah. Kini, persoalan tersebut sudah selesai dan jemaah haji sudah bisa fokus beribadah.

#kementerian agama #Jemaah Haji Telantar #pemkab luwu utara