Jumat, 09 Juni 2023 22:01

Berjalan Kaki Tiga Kilometer, Wawali Makassar Pantau Aksi Jumat Bersih dan Tanam Pohon

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wakil Wali Kota (Wawali) Makassar, Fatmawati Rusdi, terlibat langsung dalam kegiatan bersih-bersih memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Jumat (9/6/2023).
Wakil Wali Kota (Wawali) Makassar, Fatmawati Rusdi, terlibat langsung dalam kegiatan bersih-bersih memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Jumat (9/6/2023).

Wakil Wali Kota (Wawali) Makassar, Fatmawati Rusdi, memimpin aksi Jumat Bersih di Pasar Pabaeng-baeng dan area Metro Tanjung Bunga, dengan menyusuri lokasi memantau satgas kebersihan. Selain itu, ia juga melakukan penanaman pohon di beberapa titik trotoar Jalan Metro Tanjung Bunga sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan upaya menjaga keindahan Makassar.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wakil Wali Kota (Wawali) Makassar, Fatmawati Rusdi, terlibat langsung dalam kegiatan bersih-bersih di Pasar Pabaeng-baeng, Jumat (9/6/2023).

Ia turun bersama ratusan satgas yang tergabung dalam satgas kebersihan, Dinas PU, BPBD, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan, PD Pasar, Satpol PP, serta Indofood.

Aksi bersih-bersih pasar ini dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh tiap 5 Juni.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

Ia menyusuri pasar Pabaeng-baeng. Dimulai dari sisi pinggir kanal. Dengan memakai pengeras suara, Fatmawati membagi dan mengarahkan para petugas kebersihan agar lebih efisien dalam mengambil sampah yang berada di kanal.

Setelahnya, Fatmawati melanjutkan aksi serupa di area Metro Tanjung Bunga. Start dari Taman Gajah, Jalan Penghibur, ia berjalan kaki sepanjang tiga kilometer menyusuri Jalan Metro Tanjung Bunga.

Fatmawati memantau kerja ratusan satgas kebersihan dan mengarahkan agar melakukan tugasnya dengan baik.

Baca Juga : Fatmawati Rusdi Jadi Wakil Ketua Umum Organisasi Pengusaha Pelayaran Nasional

Selain pembersihan sampah di jalan raya, Fatmawati juga memantau kerja tim Dinas Lingkungan Hidup yang melakukan pemotongan ranting-ranting pohon yang sudah tua agar tidak membahayakan pengguna jalan.

“Kita harus memperhatikan kebersihan kota kita bersama-sama. Ranting-ranting yang sudah tua dipangkas biar pengguna jalan juga aman,” ucapnya.

Tak lupa, Fatmawati menyemangati para satgas kebersihan dan tetap berhati-hati saat bekerja.

Baca Juga : Fatmawati Rusdi Dilantik Jadi Waketum Asosiasi Pengusaha Pelayaran Niaga Nasional

“Utamakan keselamatan, jangan ada yang menyeberang. Ratusan satgas ini sudah di bagi wilayah kerjanya,” imbaunya.

Selain aksi Jumat Bersih, Ia bersama Ketua TP PKK Makassar, Indira Yusuf Ismail, lanjut melakukan penanaman pohon di beberapa titik trotoar Jalan Metro Tanjung Bunga.

“Bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan bentuk rasa syukur dengan cara menjaga dan merawat pohon-pohon yang ada. Kita jaga lingkungan biar kota kita juga nyaman dan sejuk,” kata Fatmawati.

Baca Juga : Nasdem Unggul Sementara di Sulsel I, Fatmawati Rusdi Bakal Melenggang ke Senayan

Ia berharap peran dan kepedulian perangkat daerah dan masyarakat bisa berkelanjutan agar Makassar dapat tetap terjaga dan mendorong terwujudnya kota yang lebih baik dan bersih.

#pemkot makassar #Fatmawati Rusdi #Hari Lingkungan Hidup Sedunia