Jumat, 09 Juni 2023 16:02

Kampanye Hyperlocal Tokopedia Dorong Tren Belanja Daring di Sulsel

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi. (Foto: Tokopedia)
Ilustrasi. (Foto: Tokopedia)

Tokopedia mendorong peningkatan penjual Sulsel hingga 80 persen. Sementara, transaksi pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) meningkat enam kali lipat.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Selama Mei 2023, Tokopedia mencatat kenaikan jumlah penjual dan pembeli melalui transaksi daring alias online di kabupaten/kota di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Menurut data internal Tokopedia, pada periode Mei 2023 dibandingkan rata-rata tiga bulan sebelumnya, pertumbuhan penjual di Sulsel mengalami peningkatan hampir 80 persen. Kabupaten Toraja Utara naik hampir 50 persen, sedangkan Kota Makassar meningkat lebih dari 80 persen.

Pada periode yang sama, jumlah pembeli di Kabupaten Tana Toraja turut mengalami peningkatan hampir 30 persen, lalu di Toraja Utara meningkat lebih dari 20 persen. Lalu, jumlah pembeli di Sulsel meningkat hampir 40 persen dan khusus Makassar meningkat lebih dari 40 persen.

Baca Juga : Tokopedia Rekap Tren Belanja Daring Kuartal I: Penjualan Produk Beras dan Makanan Kering Naik Lebih 6x Lipat

"Melihat pertumbuhan penjual dan pembeli di Tokopedia, kami terus berupaya untuk memberikan peluang yang sama kepada pelaku UMKM Indonesia, tak terkecuali di kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan," Kepala Departemen Corporate Affairs Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, Jumat (9/6/2023).

Dengan semangat #SelaluAdaSelaluBisa, Tokopedia optimistis memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia serta memberikan pendampingan bisnis bagi pelaku UMKM agar dapat mengembangkan usaha melalui pemanfaatan teknologi.

Gencarnya kampanye inisiatif hyperlocal yang dilakukan Tokopedia, menjadikan kampanye Home Living Salebration, Serbu Official Store, dan Waktu Indonesia Belanja sebagai kampanye dengan transaksi tertinggi di Tana Toraja. Pertumbuhan tersebut turut mendorong kategori belanja produk nondigital di Tokopedia jadi paling populer di masing-masing wilayah pada kuartal I 2023 dibanding kuartal I 2022.

Baca Juga : Live.On dan Tokopedia Kolaborasi Tawarkan Tukar Tambah HP, Bonus #KuotaSeumurHidup Makin Mudah

Kategori paling favorit di Tana Toraja, yakni olahraga dan hobi, rumah tangga, kecantikan, otomotif, dan elektronik. Di Toraja Utara: gaming, otomotif, kecantikan, audio dan Kamera, serta pertukangan. Di Makassar: fesyen, rumah tangga, otomotif, elektronik, ibu dan anak. Sementara, untuk Sulsel keseluruhan, yakni otomotif, fesyen, ibu dan anak, olahraga dan hobi.

"Melalui inisiatif hyperlocal, masyarakat di 99 persen kecamatan di Indonesia kini sudah dapat mengakses 1,8 miliar produk terdaftar, serta membeli dan memakai produk dari toko lokal untuk berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasional,” ungkap Ekhel.

Manfaatkan Tokopedia Bayar Pajak

Baca Juga : Transaksi Rata-Rata UMKM Makassar di Tokopedia Meningkat Dua Kali Lipat Sepanjang 2021

Semangat kolaborasi Tokopedia menggandeng pemerintah daerah dan mitra strategis lainnya demi memudahkan masyarakat membayar berbagai jenis pajak turut mendorong transaksi pajak bumi dan bangunan (PBB) di Sulsel meningkat enam kali lipat. Lalu, transaksi e-Samsat turut meningkat tiga kali lipat.

"Tokopedia bekerja sama dengan mitra strategis untuk mempermudah masyarakat akan kebutuhan layanan produk digital yang tersedia di 250 kota/kabupaten wilayah Indonesia, salah satunya di Tana Toraja dan Toraja Utara, sehingga dapat membayar berbagai tagihan melalui Tokopedia dengan sistem transaksi yang lebih aman dan praktis," ucap Ekhel.

#tokopedia