Kamis, 08 Juni 2023 23:23
Editor : Syukur Nutu

RAKYATKU.COM, BARRU - Upacara pelantikan dan pelepasan alumni angkatan VI SMK Pelayaran Lintas Nusantara Barru, Kamis (8/6/2023), di Lajulo, dipimpin oleh Bupati Barru, Suardi Saleh.

 

Sudah enam tahun berturut turut, Suardi Saleh hadir mengikuti acara penamatan di sekolah ini. Dirinya mengapresiasi SMK Pelayaran Lintas Nusantara Barru yang setiap tahunnya mencetak pelaut andal.

Apalagi lulusan dari sekolah ini, setiap taruna-taruni yang tamat dijamin langsung bekerja, bahkan belum tamat saja, telah ditunggu oleh perusahaan untuk bekerja.

Baca Juga : Dari Dusun Nepo, Bupati Barru Pimpin Upacara Hari Pendidikan Nasional: Merdeka Belajar untuk Indonesia Maju!

"Ini membuktikan bahwa SMK Pelayaran Lintas Nusantara Barru telah berhasil menjadi institusi pendidikan yang mampu mencetak SDM berkualitas," kata Suardi Saleh dalam sambutannya di upacara itu.

 

Perlu diketahui masyarakat bahwa, kebutuhan pekerja di dunia pelayaran cukup besar. Sesuai data Kementerian Perhubungan bahwa kebutuhan pelaut setiap tahun mencapai 60 ribu orang di Indonesia.

Sementara setiap tahunnya jumlah pelaut baru hanya sekitar 7000 orang. Ini menjadikan lowongan kerja bidang pelayaran sangat terbuka lebar.

Baca Juga : Bupati Janji Umrah, Kafilah Barru Berlaga di MTQ XXXIII Sulsel Target Raih Prestasi

Suardi Saleh berpesan agar taruna-taruni yang baru saja tamat di SMK Pelayaran-Barru ini agar terus meningkatkan kompetensinya.

Penulis : Achmad Afandy