Kamis, 08 Juni 2023 08:46

Delegasi MNEK 2023 Saksikan Langsung Proses Pembuatan Pinisi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, membersamai delegasi MNEK 2023 menyaksikan langsung proses pembuatan pinisi di kawasan CPI, Makassar, Rabu (7/6/2023).
Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, membersamai delegasi MNEK 2023 menyaksikan langsung proses pembuatan pinisi di kawasan CPI, Makassar, Rabu (7/6/2023).

Delegasi MNEK 2023 terkesan saat menyaksikan proses pembuatan pinisi di CPI Makassar, sebuah kapal tradisional yang dibuat untuk menyambut peserta Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 dari 36 negara. Pinisi ini tidak hanya menjadi daya tarik bagi peserta MNEK, tetapi juga dijadikan ajang wisata edukasi sejarah bagi masyarakat Makassar, khususnya pelajar, untuk mempelajari proses pembuatan dan sejarah kapal pinisi secara langsung.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Delegasi MNEK 2023 menyaksikan langsung proses pembuatan pinisi di kawasan Center Point of Indonesia (CPI), Makassar, Rabu (7/6/2023).

Didampingi Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, Pangkoarmada RI, Laksamana Madya Herry Kusmanto, takjub melihat proses pengerjaannya.

Pinisi ini dibuat langsung di Makassar untuk menyambut kedatangan para peserta Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 yang mendatangkan Angkatan Laut (AL) dari 36 negara.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

“Ini sudah hampir sebulan pengerjaannya. Alhamdulillah sudah masuk tahap pengerjaan badan kapal. Semuanya takjub melihatnya. Betapa kokohnya kapal pinisi ini,” ujar Fatmawati.

Selain untuk memperlihatkan peserta MNEK 2023, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar membuat langsung pinisi ini sebagai ajang wisata edukasi sejarah kepada masyarakatnya, khususnya pelajar yang penasaran dengan proses pembuatan pinisi.

“Kita ingin memperkenalkan langsung seperti apa proses dan butuh waktu berapa lama untuk menjadikan ini sebuah kapal pinisi yang bisa mengarungi lautan luas,” sebutnya.

Baca Juga : Fatmawati Rusdi Jadi Wakil Ketua Umum Organisasi Pengusaha Pelayaran Nasional

Kata Fatmawati, penempatan pembuatan proses pinisi ini sangat cocok. Pasalnya, CPI salah satu kawasan yang banyak dikunjungi masyarakat.

Ia berharap kawasan ini menjadi destinasi wisata edukasi baru agar masyarakat bisa mengetahui secara langsung sejarah pinisi.

"Kita mengajak untuk menghabiskan waktu di CPI, tapi sambil belajar sejarah kapal pinisi dan melihat langsung prosesnya. Biar generasi penerus kita tahu," harap Fatmawati.

Baca Juga : Fatmawati Rusdi Dilantik Jadi Waketum Asosiasi Pengusaha Pelayaran Niaga Nasional

MNEK adalah latihan nontempur yang mengutamakan kerja sama maritim di kawasan, penanggulangan bencana, dan operasi kemanusiaan dalam rangka mempererat kerja sama TNI AL dengan negara sahabat. Makassar menjadi kota keempat pelaksanaan event berskala internasional ini.

#pemkot makassar #Fatmawati Rusdi #MNEK 2023