Rabu, 07 Juni 2023 14:51

Kerbau Asal Surabaya Ditolak Masuk Makassar

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kerbau Asal Surabaya Ditolak Masuk Makassar

Dengan penolakan yang dilakukan oleh Karantina Pertanian Makassar, maka 6 kerbau tersebut di kembalikan ke Surabaya sebagai daerah asal pengeluaran

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pertanian Makassar" href="https://rakyatku.com/tag/karantina-pertanian-makassar">Karantina Pertanian Makassar melalui wilayah kerja Pelabuhan Laut Utama Makassar melakukan penolakan 6 ekor kerbau yang datang dari Surabaya.

Penolakan ini dilakukan karena pemilik kerbau tersebut tidak dapat memenuhi dokumen yang dipersyaratkan.

Kepala Pertanian Makassar" href="https://rakyatku.com/tag/karantina-pertanian-makassar">Karantina Pertanian Makassar, Lutfie Natsir mengatakan penolakan kerbau - kerbau ini telah sesuai dengan amanat Undang - Undang No. 21 Tahun 2019 tentang Karantina Ikan, Hewan dan Tumbuhan.

Baca Juga : Tingkatkan Produksi Pertanian, Bupati Wajo Ajak Galakkan Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan

“Sesuai dengan Standard Operasional Prosesur (SOP) kami telah melakukan pemeriksaan dokumen, namun dokumen persyaratan lalulintas hewan dari daerah asal tidak dipenuhi oleh pemilik," kata Lutfie, Rabu 7 Juni 2023.

“Berdasarkan Undang - Undang Nomor 21 Tahun 2019 diamanahkan bahwa untuk melalulintaskan media pembawa hewan ataupun produknya harus dilengkapi dengan sertifikat karantina dan sertifikat kesehatan hewan yang diperoleh dari daerah asal. Jadi kami perlu sampaikan bagi para pengguna jasa yang akan melalulintaskan hewan ternaknya, agar memenuhi seluruh persyaratan dokumen dan memastikan hewan yang dialulintaskan sehat sehingga tidak dilakukan penolakan di daerah tujuan,” tambahnya.

Hal senada disampaikan Koordinator Karantina Hewan, Sandra Diah Widhiyana. Ia mengatakan bahwa penolakan ini telah berkoordinasi dengan instansi terkait diantaranya Kesyahbandaran Utama Makassar dan Otoritas Pelabuhan Laut Utama Makassar.

Baca Juga : Sektor Pertanian Berperan Besar Pada Pertumbuhan Ekonomi Sulsel

"Dengan penolakan yang dilakukan oleh Pertanian Makassar" href="https://rakyatku.com/tag/karantina-pertanian-makassar">Karantina Pertanian Makassar, maka 6 kerbau tersebut di kembalikan ke Surabaya sebagai daerah asal pengeluaran," katanya.

 

#Karantina pertanian Makassar #hewan potong #Kerbau #pertanian