Minggu, 04 Juni 2023 20:01

Kelompok Tani Tambak di Barru Sukses Budidaya Vanamei

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kelompok Tani Tambak di Barru Sukses Budidaya Vanamei

Budidaya udang Vanamei memakai media kolam terpal bulat, kata Bupati, bisa menjadi contoh ke petambak lain untuk bisa berinovasi

RAKYATKU.COM, BARRU - Panen parsial udang Vanamei pertama yang dilakukan oleh kelompok tani tambak Bintang Vanamei di Burancie, Soppeng Riaja disaksikan langsung oleh Bupati Barru, Suardi Saleh, Kamis (1/6/2023).

Panen ini mendapat apresiasi dari Bupati Barru, pasalnya menandakan aktivitas budidaya udang Vanamei di kolam terpal bulat berhasil dilakukan.

 

"Tentu kegiatan ini membawa dampak positif bagi peningkatan taraf hidup masyarakat. Selain itu, dapat meningkatkan PDRB daerah," terang Suardi Saleh.

Baca Juga : Bupati Barru Maulid Bersama Warga Desa Binuang

Budidaya udang Vanamei memakai media kolam terpal bulat, kata Bupati, bisa menjadi contoh ke petambak lain untuk bisa berinovasi. Meski dengan lahan sempit, budidaya udang bisa dilakukan.

Saat ini, sudah ada perusahaan yang memberikan pinjaman modal dengan sistem bayar setelah panen. Tetapi petani harus menyiapkan kolam dan lahannya.

Konsultan kelompok tani tambak Bintang Vanamei, Mukti menyampaikan bahwa penggunaan media kolam bulat bisa panen dalam jangka waktu 3 bulan.

Baca Juga : Hotel D'Shining, Tempat Menginap Baru Kelas Modern di Barru

Kolam bulat yang digunakan berdiameter 20 meter, tinggi 1,5 Meter dengan luas 314 meter persegi.

Sponsored by MGID

Jumlah udang peliharaan 62.000 - 65.000 ekor per kolam atau 200 ekor per meter persegi, dan berdasarkan padat penyebaran budidaya sudah intensip mendekati super (250 ekor per meter).

"Dengan penebaran 60 ribu / kolam bisa panen 1,2-1,4 ton per kolam. Atau jika dikalkusi itu bisa mendapatkan keuntungan 30-40 juta per kolam per siklus," kata Mukti.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #suardi saleh