Jumat, 02 Juni 2023 18:04

Pemkot Makassar dan HPBI Sulsel Komitmen Tingkatkan Penggunaan Bahasa Indonesia

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, saat menerima audiensi HPBI Sulsel, di kediamannya, Jalan Amirullah, Makassar, Jumat (2/6/2023).
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, saat menerima audiensi HPBI Sulsel, di kediamannya, Jalan Amirullah, Makassar, Jumat (2/6/2023).

Pemkot Makassar dan HPBI Sulsel menegaskan komitmen dalam memperkuat identitas kebangsaan melalui bahasa Indonesia yang benar. Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, berharap HPBI dapat menggelorakan gerakan berbahasa Indonesia di berbagai platform media sosial untuk melestarikannya.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dan Himpunan Pembina Bahasa Indonesia (HPBI) Sulawesi Selatan (Sulsel) menegaskan komitmen dalam penguatan terhadap identitas kebangsaan, yakni bahasa Indonesia.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, mengatakan salah satu perjuangan kekinian ialah menguatkan dan mempraktikkan bahasa Indonesia yang benar dan menerapkannya sesuai ejaan yang disempurnakan (EYD).

"Berbahasa Indonesia yang benar menjadi salah satu perjuangan kita hari ini," kata Danny Pomanto, sapaan akrabnya, saat menerima audiensi HPBI Sulsel, di kediamannya, Jalan Amirullah, Makassar, Jumat (2/6/2023).

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

Kata dia, seluruh masyarakat harus mampu beradaptasi dengan kondisi saat ini. Hal itu lantaran besarnya pengaruh media sosial. Aksesibilitas informasi yang tanpa batas sehingga membuat siapa saja dapat mengaksesnya.

Di samping itu, untuk melestarikan bahasa yang merupakan alat pemersatu bangsa ini, ia berharap HPBI dapat menggelorakan gerakan berbahasa Indonesia.

"Saya berharap HPBI masuk dalam banyak platform media sosial; Instagram, Facebook, Tiktok agar dapat menjadi pelopor menjaga, melestarikan bahasa Indonesia," harapnya.

Baca Juga : Bersama Pejabat Pemkot Makassar,Zulkifli Nanda Belajar Tata Kelola Utilitas Bawah Tanah

Termasuk, kata dia, disiapkan ambasador-ambasador untuk membantunya.

Danny Pomanto juga mengapresiasi komunitas dengan dasar akademik ini karena bersedia memosisikan diri untuk mengabdi dan melestarikan bahasa sebagai simbol dari sebuah bangsa.

Ketua HPBI Sulawesi Selatan (Sulsel), Anshari, mengatakan pihaknya berterima kasih telah disambut baik oleh Wali Kota Makassar.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Janji Alokasikan Rp1 Miliar Dana Hibah untuk Masjid Al-Markaz

Didampingi Sekretaris HPBI Sulsel, Andi Sukri Syamsuri, ia menyampaikan bahwa HPBI Sulsel dalam waktu dekat bakal menggelar pelantikan dan seminar internasional.

Olehnya, timnya mengundang wali kota dua periode itu untuk menghadiri kegiatan tersebut.

#pemkot makassar #Mohammad Ramdhan Pomanto #HPBI Sulsel