Jumat, 02 Juni 2023 08:33

Hari Lahir Pancasila, Kapolres Wajo Serukan Persatuan dan Gotong Royong

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Hari Lahir Pancasila, Kapolres Wajo Serukan Persatuan dan Gotong Royong

"Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menanamkan, menegakkan, dan menjaga Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya"

RAKYATKU.COM, WAJO - Kapolres Wajo AKBP Fatchur Rochman bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten Wajo mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dan Bupati Wajo, Amran Mahmud bertindak Inspektur Upacara di Lapangan Kantor Bupati, Kamis (1/6/2023).

Turut hadir dalam upacara secara daring tersebut, Bupati Wajo H Amran Mahmud, Wakil Bupati Wajo Amran, Ketua DPRD Kabupaten Wajo, Andi Muhammad Alauddin Palaguna, Dandim 1406/Wajo, Letkol Inf. Muhamad Juanda Dinata, Wakapolres Wajo Kompol H. Muchtar, Sekretaris Daerah, Armayani, Para Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Kepala OPD bersama jajaran, serta undangan lainnya turut menggunakan pakaian adat. Sementara Jajaran Forkopimda dengan pakaian kebesaran masing-masing dan Pimpinan BUMN menyesuaikan. Adapun peserta upacara jadi TNI, Polri dan OPD.

Dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, Bupati Wajo Amran Mahmud, membacakan Amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyampaikan bahwa Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan Falsafah Dasar, Pandangan Hidup Bangsa, Dasar Negara, Ideologi, Kekuatan Pemersatu Bangsa, dan Sumber segala Sumber Hukum Negara.

Baca Juga : Kapolres Wajo Kembali Salurkan Bantuan Sosial untuk Korban Terdampak Bencana Banjir

"Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai bintang penuntun (Leitstar) dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian Negara, mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur," kata Bupati.

Pada Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 ini, Bupati mengajak kepada semua elemen masyarakat untuk bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global.

"Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menanamkan, menegakkan, dan menjaga Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotic, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," tuturnya.

Baca Juga : Peduli Korban Banjir, Kapolres Wajo Serahkan Bansos Secara Simbolis di Dua Desa

Sementara itu, Kapolres Wajo AKBP Fatchur Rochman saat ditemui awak media usai kegiatan upacara menyampaikan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 ini, dengan tema "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global" dapat meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati, serta mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Oleh karena itu, dirinya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Wajo untuk senantiasa bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju dan kabupaten Wajo aman dan kondusif.

“Mengajak Masyarakat khusunya di Kabupaten Wajo, dapat menghayati makna kesatuan dan persatuan, dimana warganya bersepakat agar dapat memperkuat pondasi berbangsa, menikmati indahnya persatuan dan berprestasi untuk mencapai cita-cita bangsa yang aman dan kondusif,” harap Kapolres.

Baca Juga : Pastikan Keamanan Pemudik, Kapolres Wajo Cek Kesiapan Posko Dalam Rangka Hari Raya Idul Fitri 2024

“Selamat memperingati hari lahir Pancasila. Selamat membumikan Pancasila dalam kehidupan bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global,” tuturnya.

Penulis : Abd Rasyid. MS
#polres wajo #Hari Lahir Pancasila