Rabu, 31 Mei 2023 13:52

Jelang Hari Lingkungan Hidup, DLH Makassar Rakor Rencana Bersih Pasar

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jelang Hari Lingkungan Hidup, DLH Makassar Rakor Rencana Bersih Pasar

"kalau bisa kami usulkan sebaiknya drainase depan pasar diperbaiki lebih dulu dan ditutup agar tidak mudah menjadi pembuangan sampah,"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dalam rangka jelang Hari Lingkungan Hidup SE dunia yang jatuh pada tanggal 05 Juni 2023, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar menggelar rapat koordinasi kegiatan bersama Bersih-Bersih Pasar yang diagendakan pada hari Jumat, 09-06-2023 nanti.

Dalam rapat tersebut dikatakan kegiatan ini dirangkaikan dengan kegiatan jumat bersih Perumda Pasar Makassar dan Persiapan penilaian Adipura.

Kepala Bidang Persampahan, LB3 dan peningkatan kapasitas DLH Kota Makassar, Taufiq Djabbar menjelaskan.

Baca Juga : PDAM Makassar Raih Predikat Bintang 4, Beni Iskandar Dinobatkan Top CEO 2024

"Rencananya bersih pasar di dua lokasi yakni pasar pabaeng-baeng dan pasar panakukkang. Bersih pasar ini nantinya melibatkan beberapa instansi terkait diantaranya Dinas Perhubungan (Dishub) dalam pengaturan lalu lintas, Satpol PP untuk pengamanan, Dinas PU untuk perbaikan drainase dan pengerukan, Damkar dan DLH sendiri untuk pemeliharaan tanaman pohon diarea Pasar," ujarnya saat memimpin rapat koordinasi tersebut pada Selasa (30-05-2023).

Dikatakan untuk Komponen penilaian pasar menurut Permenlhk 76/2019 meliputi area, drainase, RTH, pengelolaan pasar, PKL, pelayanan pengumpulan sampah, pemilahan sampah dan pengomposan.

Sementara, Plt Kadis Lingkungan Hidup, Ferdi Mochtar menyampaikan bahwa peran masing-masing SKPD sangat dibutuhkan, Pelaksanaan bersih pasar harus efisien sehingga tidak menggangu aktivitas masyarakat.

Baca Juga : Pemkot Makassar Raih Lima Penghargaan Top BUMD 2024

"Bersih pasar ini baiknya semua harus mensupport. Peran semua SKPD sangat kami butuhkan. Terutama ke pihak pengelola pasar. Kondisi pasar harus diperhatikan terutama pemasangan tenda atau penutup kios. Tidak dilarang sih pasang, asal selama itu bisa rapi dan tidak menghalangi pencahayaan yang masuk dalam pasar," terangnya.

"Kerja bakti tidak hanya di pasar termasuk dalam saluran terbuka di wilayah pabaeng-baeng karena menjadi titik penilaian adipura. Dan setelah pembersihan perlu edukasi ke masyarakat Untuk menjaga demi penilaian Adipura 2023," lanjutnya.

Sebagaimana diketahui, dalam rapat tersebut turut hadir dua kepala Pasar yakni Kepala Pasar Pabaeng-baeng Barat dan Pabaeng-baeng Timur didampingi Kabag Ketertiban dan Kasubag Kebersihan Perumda Pasar Makassar.

Baca Juga : Pemkot Makassar-Bank Sulselbar Segera Adakan Koridor Kota Makan Enak 24 Jam

"Kalau kami sangat mensupport rencana ini. Kami sangat berterimakasih. Dan kalau bisa kami usulkan sebaiknya drainase depan pasar diperbaiki lebih dulu dan ditutup agar tidak mudah menjadi pembuangan sampah," kata Imran Kepala Pasar Pabaeng-baeng Barat.

#pemkot makassar #danny pomanto