Kamis, 25 Mei 2023 20:30

Motor Listrik dari Kalla Kars Akan Jadi Kendaraan Operational BPBD

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Motor Listrik dari Kalla Kars Akan Jadi Kendaraan Operational BPBD

12 unit motor listrik United E-Motor dari Kalla Kars jadi kendaraan Operational BPDB

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kalla Kars kembali memboyong motor listrik United ke lingkup Pemerintah Kota Makassar. Kali ini lokasi test ride digelar di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar, Jl Kerung-Kerung Kota Makassar, Kamis (25/5/2023).

Kepala Pelaksana BPBD Kota Makassar, Achmad Hendra Hakamuddin, pun menyambut baik kehadiran United E-Motor, bahkan ikut mencoba mengendarainya. Tak hanya di sekitar kantornya, tetapi motor tersebut dikendarai hingga ke ruas Jl Veteran Utara.

"Torsinya bagus sekali, kita juga coba di ruas Jl Veteran juga sangat lincah. Dari sisi kenyamanan juga oke dan handling-nya pun mudah. Jadi, saat baru pertama pakai, langsung bisa tanpa beradaptasi cukup lama," ungkapnya.

Baca Juga : Musim Transisi Dimulai, BPBD Makassar Ingatkan Masyarakat Waspada

Ia mengatakan, penggunaan kendaraan berbasis listrik di lingkup pemerintahan sudah menjadi instruksi Presiden Republik Indonesia. Lalu, BPBD juga menindaklanjuti arahan dari Wali Kota Makassar.

"Oleh sebab itu, kita langsung merespons di akhir tahun anggaran 2022 untuk mengubah pengadaan kita dari kendaraan konvensional menjadi kendaraan listrik," imbuhnya.

Hendra menyebutkan, jumlah motor listrik yang bakal diadakan sebanyak 12 unit. Menurutnya, United E-Motor dapat mempermudah tugas tim BPBD di daerah perkotaan yang menjadikan response time mereka lebih cepat.

Baca Juga : Kalla Kars Kenalkan Empat Tipe Motor Listrik United E-Motor

"Indikator utama kerjaan kita kan response time. Dengan karakter motor seperti ini, lincah, ringan dan mudah pengisian baterainya akan mempercepat kita ke titik lokasi bencana," ujarnya.

Chief Operation Officer (COO) Kalla Kars, Fery Irawan, optimistis, tren motor listrik ke depan akan semakin meningkat apalagi dengan adanya dukungan pemerintah. Keunggulan pemakaian motor listrik, diantaranya ramah lingkungan serta biaya operasional dan perawatan yang lebih hemat.

"Kami berterima kasih atas respons positif dan kepercayaan yang diberikan BPBD Makassar terhadap kehadiran United E-Motor ini. Kami yakin dengan keunggulan yang dimiliki motor listrik ini akan mempermudah kegiatan-kegiatan operasional di BPBD Makassar nantinya," tuturnya.

Baca Juga : BPBD Makassar: 169 Rumah Terdampak Angin Kencang dan Pohon Tumbang

United E-Motor yang dibawa ke Kantor BPBD Makassar untuk test ride terdiri atas tiga tipe, yakni T1800, TX1800 dan TX3000. Sebelumnya, test ride United E-Motor juga telah digelar bersama Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto di kediamannya, Jl Amirullah No. 18, Rabu (3/5/2023) lalu.(**)

#Motor listrik United E-Motor Kalla kars #bpbd Makassar