Rabu, 24 Mei 2023 12:53

Pemkab Barru Bersama USAID ERAT Gelar Lokakarya Percepatan Penerapan SPBE

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Lokakarya Percepatan Penerapan Sistem Pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) di Hotel Youtefa, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Rabu (24/5/2023) .
Lokakarya Percepatan Penerapan Sistem Pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) di Hotel Youtefa, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Rabu (24/5/2023) .

Pemerintah Pemkab Barru dan USAID ERAT menggelar Lokakarya Percepatan Penerapan SPBE dengan tujuan mewujudkan tata kelola pemerintahan bersih, efektif, transparan, dan akuntabel, serta meningkatkan kualitas dan kepercayaan dalam pelayanan publik melalui penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

 

RAKYATKU.COM, BARRU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru bersama USAID ERAT menggelar Lokakarya Percepatan Penerapan Sistem Pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) di Hotel Youtefa, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Rabu (24/5/2023) .

Kegiatan ini dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Barru, Abustan. Dalam sambutannya, ia mengatakan SPBE bertujuan mewujudkan tata kelola pemerintahan bersih, efektif, transparan, serta akuntabel agar pelayanan publik dapat lebih berkualitas dan tepercaya.

Baca Juga : KKN Angkatan XXV STAI Al Gazali Barru Gelar Seminar Program Kerja di Desa Palakka

SPBE, kata dia, adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada penggunanya.

Efektivitas penggunaan SPBE?bisa dicapai melalui?tiga hasil, antara lain keselarasan kebijakan nasional dan daerah yang lebih baik, peningkatan kinerja pelayanan publik dan alokasi, serta penggunaan anggaran yang lebih baik.

"Tahun 2018 lalu kita buat rancangan 12 aplikasi dan sampai sekarang stagnan. Kita harus membuat sistem birokrasi semakin cepat dan saya harap SPBE ini jangan jalan di tempat dan kita cari apa masalahnya," katanya.

Baca Juga : Audience dengan Bupati Barru, Pengurus Baru IKA Gappembar Siap Dilantik

Abustan berharap lokakarya bisa menjadi pemicu dalam kualitas SPBE di Barru. "Lokakarya yang dilaksanakan hari agar masyarakat?dapat menerima manfaat dari pemerintahan daerah yang efektif melalui peningkatan kualitas pelaksanaan kebijakan dan pelayanan publik di daerah," ucapnya.

Ia berharap SPBE dikelola dengan baik. Jika berjalan dengan baik, kata dia, maka banyak kemudahan yang akan dirasakan pemerintah.

"Saya ingatkan, bagi pejabat yang punya mindset menjadi kaya dari jabatan, maka buang itu, karena pejabat di pemerintahan itu melayani dan jauh dari kata kaya," pesannya.

Baca Juga : Bupati Barru Serahkan SK Pensiun Bagi 73 PNS dan SK Baru PPPK Bagi 145 Orang

Hadir dalam lokakarya ini, antara lain Asisten Administrasi Umum, Kepala Bappelitbangda Barru, dari USAID ERAT, Tim Koordinasi SPBE, dan Tim Asesor Internal SPBE.

Lokakarya ini akan berlangsung selama dua hari hingga, Kamis (25/5/2023), dengan menghadirkan Dana Indra Sensuse untuk memberikan penguatan penerapan SPBE Barru yang lebih baik.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru