Kamis, 18 Mei 2023 14:01

Badan Pengurus Nasional Ikatan Kerukunan Keluarga Gowa Siap Gelar Halalbihalal

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Badan Pengurus Nasional Ikatan Kerukunan Keluarga Gowa Siap Gelar Halalbihalal

Ikatan Kerukunan Keluarga Gowa (IKKG) berdiri sejak tahun 1976 di Jakarta dan menghimpun ribuan anggota yang tergabung di dalamnya baik di dalam dan di luar negeri, termasuk di antaranya warga Gowa di Afrika Selatan.

JAKARTA --- Badan Pengurus Nasional Ikatan Kerukunan Keluarga Gowa (BPN IKKG) akan menggelar Temu Kangen dan Halal Bihalal 1444 H/2023 M dengan tema "Soliditas dan Sinergitas Untuk Kemaslahatan Bersama" bertempat di Aula Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Jakarta, Ampera, Jakarta Selatan, pada Minggu, 21 Mei 2023 mendatang.

BPN IKKG merupakan sebuah organisasi kemasyarakatan yang menjadi wadah bagi masyarakat Kabupaten Gowa yang merantau di luar wilayah Sulawesi Selatan, baik yang berada di dalam negeri maupun di luar negeri.

Ketua Umum BPN IKKG, Awaluddin Tjalla Daeng Liwang, menjelaksan, IKKG berdiri sejak tahun 1976 di Jakarta dan menghimpun ribuan anggota yang tergabung di dalamnya baik di dalam dan di luar negeri, termasuk di antaranya warga Gowa di Afrika Selatan.

Baca Juga : Wabup Gowa Buka Musrenbang RKPD: Rencana Pembangunan 2025 Harus Tepat dan Strategis

"Dari Afrika Selatan, acara ini akan dihadiri secara daring oleh kerabat dan keturunan dari Pahlawan Nasional Syekh Yusuf Al Makassari serta akan hadir pula keluarga dan kerabat Pahlawan Nasional Sultan Hasanuddin Raja Gowa ke-16," ungkapnya.

Awaluddin Tjalla juga menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatan soliditas keluarga dan masyarakat Gowa yang berada di Jabodetabek dan di berbagai daerah serta di belahan dunia lainnya karena di gelar secara hybrid (luring dan daring).

"Halal Bihalal memperkuat sinergi dengan berbagai pihak sebagai bagian dari dinamika sosial dan kemasyarakatan juga pemerintahan di masing-masing wilayah domisili. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjadi kesempatan baik untuk silaturahmi keluarga besar IKKG yang saat ini mengabdi lewat berbagai jalur pengabdian, termasuk Ananda Adnan Purichta Ichsan, Bupati Gowa yang masih relatif muda juga berbagai anak muda pemimpin masa kini dan masa depan,” ucap Ketua Umum IKKG, Awalluddin Tjalla di Jakarta, Rabu (17/5).

Baca Juga : Masyarakat Biringbulu Sambut Bahagia Pos Pelayanan Publik

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Halal Bihalal, M. Arief Rosyid Hasan, yang juga merupakan Ketua Umum PB HMI Periode 2013-2015 menyampaikan terima kasih atas kepercayaan para senior, serta melaporkan bahwa persiapan acara ini berjalan dengan sangat lancar.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Daeng Liwang selaku Ketua Umum BPN IKKG yang telah memberikan ruang untuk keterlibatan pemuda dalam berbagai kesempatan, terkhusus bagi saya untuk memimpin Halal Bihalal BPN IKKG tahun ini. Alhamdulillah persiapan acara sampai hari ini berjalan sesuai perencanaan, masing-masing divisi bekerja on track untuk memastikan kelancaran," terang Arief yang juga merupakan Komisaris Independen Bank Syariah Indonesia (BSI).

Ia menambahkan, sinergi keluarga besar masyarakat Gowa di seluruh Indonesia dan dunia ini harus menjadi teladan dalam hal agenda kemaslahatan umat, bangsa, dan negara secara inklusif dan kolektif.

Baca Juga : Pemkab Gowa Kembali Dinobatkan Jadi Kabupaten Peduli HAM dari Kemenkumham RI

“Kami mengundang para Daeng dan Puang serta saudara-saudari dari Gowa yang berada di wilayah Jabodetabek untuk hadir secara langsung dan warga Gowa di berbagai belahan dunia untuk hadir secara daring dalam Halal Bihalal 1444 H. Insya Allah niatan baik kita untuk bersilaturahmi dan bersinergi untuk kemaslahatan mendapatkan ridho Allah SWT,” seru Arief.

Pada Temu Kangen dan Halal Bihalal 1444 H/2023 M BPN IKKG ini juga akan menghadirkan Ketua Umum DPP IMM Periode 2021-2023, Abdul Musyawir Yahya yang akan turut berpartisipasi dalam sebagai pembawa hikmah Halal Bihalal.

#Pemkab Gowa #adnan purichta ichsan