Rabu, 17 Mei 2023 14:07

Pemprov Sulsel dan JFA Kerja Sama Penempatan Tenaga Kerja di Jepang

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pertemuan pihak JFA dan wakil mereka di Indonesia, OS-Selnajaya, dengan Pemprov Sulsel di Baruga Lounge Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (17/5/2023).
Pertemuan pihak JFA dan wakil mereka di Indonesia, OS-Selnajaya, dengan Pemprov Sulsel di Baruga Lounge Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (17/5/2023).

Pemprov Sulsel dan Japan Fisheries Association membahas penempatan tenaga kerja dari Sulsel di Jepang sebagai bagian dari kebijakan SSW/PBS yang melibatkan pekerja terampil dan pekerja ahli di sektor perikanan.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sulawesi Selatan mendapat kepercayaan Japan fisheries Association (JFA) sebagai salah satu lokasi perekrutan sumber daya manusia (SDM) yang dikategorikan SSW/PBS (Specified Skilled Workers/Pekerja Berketerampilan Spesifik).

SSW/PBS adalah kebijakan keimigrasian baru dari pemerintah Jepang berupa penambahan dua kategori baru status visa/status residensi bagi tenaga kerja asing di Jepang, yaitu pekerja terampil dan pekerja ahli.

Untuk itu, JFA dan wakil mereka di Indonesia, OS-Selnajaya, berkunjung ke Makassar untuk bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel. JFA diwakili Mr. Kigami dan OS-Selnajaya diwakili, Mr. Miyajima. Pertemuan berlangsung di Baruga Lounge Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (17/5/2023).

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Pimpin Rakor Pemantapan Pilkada Serentak 2024

Asisten Perekenomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Sulsel, M. Ichsan, hadir mewakili Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel, Muhammad Ilyas, Kepala BPSDM Sulsel, Muhammad Jufri, serta TA-TGUPP Kerja Sama Internasional, M. Iqbal Djawad.

Hadir juga pada pertemuan ini Direktur Politeknik Bone, Ani Leilani, yang alumninya nanti akan direkrut JFA sebagai SSW di Jepang.

"Ke depannya peluang ini bukan hanya untuk tenaga SSW, tapi juga untuk bidang lain seperti otomotif, kesehatan, dan pertanian," demikian keterangan di laman resmi Pemprov Sulsel.

#Pemprov Sulsel #Japan fisheries Association