Selasa, 09 Mei 2023 16:12

Dukung Program UKM Naik Kelas, TP PKK Makassar Kunjungan ke Inkubator UKM

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kunjungan TP PKK Kota Makassar ke Inkubator UKM yang berlokasi di Jalan A.P. Pettarani, Selasa (9/5/2023).
Kunjungan TP PKK Kota Makassar ke Inkubator UKM yang berlokasi di Jalan A.P. Pettarani, Selasa (9/5/2023).

TP PKK Makassar berkunjung ke Inkubator UKM untuk mendukung program UMKM Naik Kelas yang ditawarkan Pemkot Makassar. Inkubator UKM memberikan layanan pelatihan, konsultasi, dan mentoring untuk membantu pelaku usaha usaha berkembang dan beradaptasi dengan baik.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - TP PKK Kota Makassar mengunjungi Inkubator UKM yang berlokasi di Jalan A.P. Pettarani, Selasa (9/5/2023). Kunjungan ini jadi bagian sosialisasi Inkubator UKM.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Makassar, Muhammad Rheza, yang menyambut langsung rombongan menjelaskan detail mengenai Inkubator UKM.

Rombongan kemudian melihat fasilitas-fasilitas yang tersedia di sana, termasuk display produk UKM, ruang kelas ber-AC, ruang kerja, dan mesin-mesin cetak yang bisa digunakan UKM mencetak sampel kemasan. Beberapa tamu bahkan melakukan konsultasi mengenai produk yang mereka bawa.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

Manajer Inkubator UKM, Khairul Umam, menyatakan tujuan hadirnya Inkubator UKM untuk mendorong UKM agar bisa naik kelas.

Layanan Inkubator UKM ini, kata dia, telah berjalan dengan baik dan masih terus dikembangkan sesuai kebutuhan UKM. "Tim ahli mereka siap membantu dalam hal pengembangan kualitas produk hingga pemasaran produk. Moto yang dipegang Inkubator UKM adalah 'UMKM Naik Kelas'," ujar Khairul.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Makassar, Muhammad Rheza, menyampaikan harapannya terkait kunjungan TP PKK Makassar di Inkubator UKM.

Baca Juga : Bersama Pejabat Pemkot Makassar,Zulkifli Nanda Belajar Tata Kelola Utilitas Bawah Tanah

"Saya berharap ibu PKK yang datang ini bisa melihat langsung dan mengetahui bahwa Makassar sudah punya incubator center, di mana fungsi-fungsi inkubator itu untuk UKM," katanya.

Selain itu, ia ingin para tamu dapat menjadi media untuk menyampaikan informasi tentang Inkubator UKM kepada warga setempat.

Inkubator UKM adalah program Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar yang melibatkan tenaga ahli, seperti teknik kimia pangan, desain kemasan, digital marketing, fotografi, dan akuntansi.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Janji Alokasikan Rp1 Miliar Dana Hibah untuk Masjid Al-Markaz

Tim teknis ini bertugas mendorong pemberdayaan dan memberikan pelatihan kepada pelaku usaha agar bisa berkembang dan beradaptasi dengan baik.

Pelaku usaha di Makassar yang ingin mendaftar untuk Inkubator UKM akan melewati tiga tahapan, yaitu pra-inkubasi (tahap awal pendaftaran UKM dan mengikuti pelatihan), tahap inkubasi (UKM yang dinilai berpotensi dibantu dengan pelatihan, sertifikasi, konsultasi, dan mentoring), dan akselerasi (UKM yang dinyatakan naik kelas akan dibantu untuk mendapatkan akses pasar yang lebih luas hingga ke mancanegara).

Setelah tahapan itu, UKM akan dinyatakan lulus dan akan dibantu memperluas pasar mereka.

#TP PKK Kota Makassar #pemkot makassar #Inkubator UKM #Diskop UKM Makassar