Jumat, 05 Mei 2023 16:43

HUT Ke-20 Luwu Timur, PT Vale Kuatkan Sinergi dan Harmoni untuk Bumi Batara Guru Lebih Maju

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Perayaan hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Luwu Timur di Bundaran Batara Guru, Rabu (3/5/2023).
Perayaan hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Luwu Timur di Bundaran Batara Guru, Rabu (3/5/2023).

PT Vale Indonesia berpartisipasi dalam perayaan HUT ke-20 Kabupaten Luwu Timur dengan berkontribusi pada Expo Desa, Jelajah Tiga Danau, dan memperkuat sinergi dengan pemerintah dan masyarakat untuk kemajuan Bumi Batara Guru.

RAKYATKU.COM, LUWU TIMUR - Kabupaten Luwu Timur (Lutim) genap berusia 20 tahun. CEO PT Vale Indonesia, Febriany Eddy, berharap perayaan hari jadi Luwu Timur menjadi momentum menguatkan harmoni yang sudah berjalan puluhan tahun demi kemajuan Bumi Batara Guru.

"Sebagai perusahaan yang mengawali operasinya di Luwu Timur, PT Vale Indonesia ikut bangga dan berbahagia telah menjadi bagian sejarah daerah ini. Ke depan, bersama pemerintah dan masyarakat, kita terus ciptakan harmoni, untuk peduli dan menginspirasi," kata Febri lewat video pada puncak perayaan HUT Luwu Timur di Bundaran Batara Guru, Rabu (3/5/2023).

Perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-20 Luwu Timur digelar dengan serangkaian kegiatan, seperti Expo Desa, Jelajah Tiga Danau, dan hiburan musik dari band asal ibu kota, Kotak. PT Vale turut berkontribusi dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan bekerja sama dengan pemangku kebijakan lainnya.

Baca Juga : PT Vale IGP Morowali Gelar Halalbihalal, Perkuat Silaturahmi Pemangku Kebijakan Lokal

Expo Desa diikuti 125 desa di Luwu Timur. Seluruh perwakilan desa ini menampilkan hasil kerajinan, produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), hasil pertanian, hasil perkebunan, serta beberapa produk dari masyarakat di stan-stan desa. Expo ini berlangsung hingga 8 Mei mendatang, di sekitar RTH Bundaran Batara Guru.

Ketua Apdesi Luwu Timur sekaligus Koordinator Expo Desa, Aswan Musa, menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak dan PT Vale yang berkontribusi dan memeriahkan kegiatan Expo Desa.

“Terima kasih PT Vale senantiasa hadir memberikan dukungannya pada kegiatan Pemkab Luwu Timur, semoga dapat terus berkolaborasi,” tuturnya.

Baca Juga : Wabup Apresiasi Kontribusi PT Vale Besar Kembangkan SDM Luwu Timur

Direktur External Relations PT Vale, Endra Kusuma, yang hadir pada pembukaan Expo Desa, Rabu (3/5/2023), ikut meninjau beberapa stan bersama dengan Forkopimda Luwu Timur.

Endra menyampaikan komitmen PT Vale untuk terus berkolaborasi dalam mengembangkan potensi Desa di wilayah pemberdayaan PT Vale melalui program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM), kegiatan ini bisa memotivasi semua desa untuk terus berkarya dan berinovasi.

“Kami tentunya akan terus bersinergi dalam mengembangkan potensi desa pada area pemberdayaan melalui PPM. Untuk itu dibutuhkan dukungan Pemkab Luwu Timur untuk mewujudkan komitmen tersebut,” kata Endra.

Baca Juga : Resmikan Jalan Layang Terpanjang di Lutim, Bupati: Dorong Pertumbuhan Ekonomi

HUT Luwu Timur juga dimeriahkan kegiatan Jelajah Tiga Danau, yang terselenggara atas kerja sama PT Vale, Indonesia Offroad Federation (IOF), dan Pemkab Luwu Timur. Jelajah Tiga Danau dikhususkan untuk pencinta otomotif dan terbagi dalam tiga kategori kegiatan, yakni overland, extreme offroad, dan trail adventure.

Kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan mendorong peningkatan ekonomi melalui sektor pariwisata. Para peserta akan menikmati panorama tiga danau, yakni Danau Towuti, Danau Mahalona, dan Danau Matano, pada 5 - 7 Mei 2023. PT Vale juga menyediakan hadiah menarik untuk para peserta.

Bupati Luwu Timur, Budiman, menjelaskan pada usia yang ke-20 tahun, Luwu Timur tumbuh dengan sejarah perjuangan, peningkatan ekonomi, wisata, dan kepekaan sosial yang kini dirasakan berbagai lapisan masyarakat. Hal ini, kata dia, tak lepas dari kontribusi PT Vale.

Baca Juga : PT Vale Sumbang 4.000 Bibit untuk Sedekah Pohon Pemprov Sulsel

Pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Luwu Timur, Budiman menjabarkan sektor penambangan masih menjadi yang tertinggi dalam pendapatan asli daerah (PAD) dengan nilai Rp2,7 triliun. Disusul pertanian dan perkebunan Rp875,6 juta.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada PT Vale serta seluruh masyarakat yang berkontribusi dan berkomitmen untuk membangun Luwu Timur. Termasuk yang kita nikmati sekarang, RTH Bundaran Batara Guru dan beberapa fasilitas lainnya," tutur Budiman.

#PT Vale Indonesia