Kamis, 30 Maret 2023 17:16

A.G.H. Ambo Dalle Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional, Bupati Barru Dukung Penuh

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Barru, Suardi Saleh.
Bupati Barru, Suardi Saleh.

A.G.H. Abdurrahman Ambo Dalle diisulkan sebagai pahlawan nasional dalam rangka menyambut peringatan Semesta Darud Da'wah wal Irsyad (DDI) ke-85 tahun Desember 2023. Bupati Barru, Suardi Saleh, mendukung penuh pengusulan ini.

RAKYATKU.COM, BARRU - Bupati Barru, Suardi Saleh, menerima tim kerja yang akan mengusulkan gelar pahlawan nasional bagi A.G.H. Abdurrahman Ambo Dalle di ruang kerjanya, Kamis (30/3/2023).

Nurhasan selaku ketua tim kerja melaporkan, dalam menyonsong peringatan Semesta Darud Da'wah wal Irsyad (DDI) ke-85 tahun Desember 2023 mendatang, salah satu agendanya adalah pengusulan A.G.H. Ambo Dalle menjadi pahlawan nasional.

"Insyaallah dalam peringatan Semesta ke-85 menuju satu abad DDI yang rencananya akan digelar bulan Desember 2023, kita kumpulkan warga 100 ribu orang sekaligus mengusulkan gelar pahlawan nasional untuk Anregurutta Ambo Dalle," ujar Nurhasan.

Baca Juga : Audience dengan Bupati Barru, Pengurus Baru IKA Gappembar Siap Dilantik

Terkait rencana ini, pihaknya berharap dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru, dalam hal ini rekomendasi sebagai salah satu syarat administrasi pengusulan.

Bupati Barru, Suardi Saleh, merespons baik dan mendukung penuh rencana tersebut. Apresiasi akan dituangkan dalam bentuk testimoni dan rekomendasi sebagai pemenuhan salah satu persyaratan.

Suardi mengaku bangga dan berterima kasih atas warisan lembaga pendidikan yang ditinggalkan A.G.H Ambo Dalle, yakni DDI.

Baca Juga : Bupati Barru Serahkan SK Pensiun Bagi 73 PNS dan SK Baru PPPK Bagi 145 Orang

Dalam tertimoninya, Suardi menegaskan saat ini ribuan madrasah dan pondok pesantren DDI di seluruh Indonesia membina ratusan ribu, bahkan mungkin jutaan generasi penerus bangsa.

"Ini adalah bukti tak terbantahkan gerakan pendidikan yang dibangun oleh Anregurutta Ambo Dalle.
Ideologi Islam yang moderat, menjadi ciri khas ke-DDI-an, sehingga dapat dengan mudah diterima oleh berbagai lapisan masyarakat dan pemerintah," ucap Bupati Barru dua periode ini.

Suardi mengatakan, dalam sejarahnya, A.G.H Ambo Dalle senantiasa seiring sejalan dengan pemerintah, tak pernah sekalipun berseberangan. Bahkan, katanya, dalam suatu masa, A.G.H Ambo Dalle pernah ditinggalkan sebagian besar muridnya dan dikucilkan koleganya atas keputusannya bergabung dengan partai pemerintah saat itu.

Baca Juga : KNPI Barru Audiensi dengan Bupati Bahas Persiapan Pelantikan dan Rapat Kerja Pengurus

"Itulah sebagian kecil motivasi terpenting, kami dan masyarakat Sulawesi Selatan, tidak sabar dan penuh harap akan penganugerahan gelar pahlawan nasional atas Anregurutta Ambo Dalle, tokoh penggerak desentralisasi pendidikan dari tanah Sulawesi," ucapnya.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #suardi saleh