Selasa, 25 April 2023 20:09

Kolombia Usir Tokoh Oposisi Venezuela yang Didukung AS

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Politisi Juan Guaido di Caracas, Venezuela, 9 Januari 2023. (Federico Parra / AFP)
Politisi Juan Guaido di Caracas, Venezuela, 9 Januari 2023. (Federico Parra / AFP)

Juan Guaido memasuki Kolombia dengan "cara yang tidak wajar", kata pihak berwenang

RAKYATKU.COM - Kolombia telah mengusir tokoh oposisi Venezuela yang didukung AS, Juan Guaido, yang berusaha menghadiri konferensi internasional di Bogota.

Pengkritik Presiden Venezuela, Nicolas Maduro sebelumnya telah menyeberang ke Kolombia dari negara asalnya dengan menentang larangan perjalanan yang diberlakukan pengadilan.

Kementerian Luar Negeri Kolombia mengatakan pada hari Selasa bahwa Guaido tiba dengan "cara yang tidak biasa". Ia menambahkan bahwa petugas imigrasi telah membawa politisi itu ke Bandara Internasional El Dorado di Bogota sehingga dia bisa naik pesawat tujuan AS.

Baca Juga : Tekanan Barat Mendekatkan Tiongkok dan Rusia

Guaido membenarkan bahwa dia telah dipaksa pergi ke AS dan mengutuk cara otoritas Kolombia memperlakukannya.

“Karena ancaman langsung terhadap keluarga dan putri saya dari rezim Maduro, yang telah menyebar ke Kolombia, saya mengambil penerbangan ini,” tulisnya di Twitter, berjanji untuk “terus berjuang.”

Mantan legislator itu berharap untuk menghadiri konferensi internasional yang diselenggarakan oleh Presiden Kolombia Gustavo Petro pada hari Selasa. KTT tersebut merupakan bagian dari negosiasi yang sedang berlangsung antara pemerintah Maduro dan oposisinya, yang ditengahi oleh Norwegia.

Baca Juga : Rusia: Pemimpin Kelompok Wagner Dipastikan Tewas dalam Kecelakaan Pesawat

Menteri Luar Negeri Kolombia Alvaro Leyva mengatakan kepada wartawan pada hari Selasa bahwa Guaido tidak diundang ke KTT tersebut.

Kolombia secara terbuka mendukung Guaido di bawah Presiden konservatif Ivan Duque. Namun, Petro, seorang sayap kiri yang terpilih untuk menggantikan Duque tahun lalu, menjauhkan diri dari Guaido demi mencari negosiasi dengan para pemimpin politik Venezuela.

Guaido dinyatakan sebagai "presiden sementara" pada awal 2019 oleh Majelis Nasional, parlemen Venezuela, yang saat itu dikendalikan oleh oposisi. Langkah itu dilakukan setelah oposisi dan AS menuduh Maduro mencurangi pemilu 2018 untuk mengamankan masa jabatan kedua. AS dengan cepat mengakui Guaido sebagai pemimpin sah Venezuela, dan UE serta beberapa negara bagian Amerika Selatan melakukan hal yang sama. Sementara itu, negara-negara seperti Rusia, China, dan Iran tetap menganggap Maduro sebagai presiden yang sah.

Baca Juga : Putin Angkat Bicara Terkait Kecelakaan Pesawat yang Diduga Tewaskan Bos Wagner

Maduro mengecam tindakan Guaido sebagai ilegal dan menuduh Washington berusaha mengatur kudeta terhadapnya.

Pada Desember 2022, koalisi partai oposisi Venezuela memilih untuk membubarkan "pemerintahan sementara" yang dipimpin Guaido dan membentuk komite untuk mengawasi pemilihan presiden 2024. Guaido mengkritik keputusan itu sebagai "lompatan ke jurang".

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan pada bulan Januari bahwa, meskipun Guaido dipecat, AS terus "berkoordinasi dengan dia dan anggota lain yang berpikiran sama" dari oposisi di Venezuela.

Baca Juga : Negara-negara BRICS Serukan Penolakan Standar Ganda Dalam Melindungi HAM

Sumber: RT / 25 April 2023

#Venezuela #kolombia #Amerika Serikat #Rusia #China