Rabu, 12 April 2023 16:27

Menteri Keuangan Prancis Dukung Presiden Macron Pada Sikap AS-China

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Presiden Tiongkok Xi Jinping (kiri) dan Presiden Prancis Emmanuel Macron (kanan) mengunjungi taman kediaman Gubernur Guangdong, pada 7 April 2023, tempat tinggal ayah Presiden Tiongkok XI Jinping, XI Zhongxun. (POOL/AFP via Getty Images/JACQUES WITT)
Foto: Presiden Tiongkok Xi Jinping (kiri) dan Presiden Prancis Emmanuel Macron (kanan) mengunjungi taman kediaman Gubernur Guangdong, pada 7 April 2023, tempat tinggal ayah Presiden Tiongkok XI Jinping, XI Zhongxun. (POOL/AFP via Getty Images/JACQUES WITT)

“Kami berbagi nilai yang sama, kami berbagi banyak kepentingan ekonomi yang sama. Tetapi hanya karena kita adalah sekutu Amerika Serikat tidak berarti kita harus melawan China.”

RAKYATKU.COM - Presiden Prancis Emmanuel Macron benar saat menjauhkan diri dari kebijakan konfrontatif Washington terhadap China, Menteri Keuangan Bruno Le Maire mengatakan pada hari Selasa. Namun, pernyataan Macron yang sering tentang “otonomi” Eropa, hingga saat ini, sangat retoris.

Berbicara kepada Politico saat dalam perjalanan ke China minggu lalu, Macron bersikeras bahwa Eropa harus menghindari “mengambil isyarat dari agenda AS” dan tetap netral dalam masalah Taiwan. “Eropa menghadapi risiko besar,” katanya, jika “terjebak dalam krisis yang bukan milik kita.”

Macron “sangat tepat untuk menuntut kemerdekaan dan kedaulatan Eropa seperti yang telah dia lakukan sejak 2017,” kata Le Maire kepada stasiun radio Europe 1 Prancis pada hari Selasa. “Kami jelas sekutu Amerika Serikat,” lanjutnya. “Kami berbagi nilai yang sama, kami berbagi banyak kepentingan ekonomi yang sama. Tetapi hanya karena kita adalah sekutu Amerika Serikat tidak berarti kita harus melawan China.”

Baca Juga : Timnas Jerman Juara Piala Dunia U-17 2023

Paris memiliki kepentingan ekonomi untuk menghindari konfrontasi dengan Beijing. Selama kunjungan Macron, tujuh perusahaan besar Prancis, termasuk Airbus, perusahaan energi EDF, dan pembuat kapal CMA-CGM, menandatangani atau memperpanjang kontrak dengan perusahaan China.

"Kami memilih jalur dialog," kata Le Maire. "Bukankah itu lebih baik daripada logika konfrontasi dan percepatan konflik apa pun?"

Sejak awal masa jabatan pertamanya pada tahun 2017, Macron telah berbicara secara luas tentang pengurangan ketergantungan Eropa pada AS, khususnya di bidang pertahanan.

Baca Juga : Tekanan Barat Mendekatkan Tiongkok dan Rusia

Namun, pemimpin Prancis itu menghentikan kritiknya terhadap NATO setelah operasi militer Rusia di Ukraina dimulai tahun lalu. Sejak saat itu, Prancis bergabung dengan AS dalam memasok senjata dan amunisi ke Kiev, sambil mendukung sanksi UE terhadap Moskow, bahkan ketika kerusakan ekonomi yang diakibatkannya ke Prancis telah menyebabkan keresahan publik.

Upaya Macron untuk memposisikan dirinya sebagai mediator antara Ukraina dan Rusia juga gagal. Panggilan telepon antara presiden Prancis dan mitranya dari Rusia, Vladimir Putin, tidak efektif, sementara rencana perdamaian Prancis yang seharusnya telah diabaikan oleh Kremlin.

“Paris hampir tidak bisa bercita-cita menjadi mediator saat ini, karena Paris benar-benar berpihak pada salah satu peserta konflik,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan pada hari Senin, menambahkan bahwa Prancis “secara langsung dan tidak langsung” terlibat dalam konflik tersebut. sisi Ukraina.

Baca Juga : Rusia: Pemimpin Kelompok Wagner Dipastikan Tewas dalam Kecelakaan Pesawat

Sumber: RT 

#Amerika Serikat #China #Rusia #Prancis